Pelatihan & Sertifikasi BNSP Digital Marketing yang Wow Banget!

 

Dimulai pada tanggal 28 September 2022, kami sekitar 200-an peserta pelatihan & sertifikasi BNSP Digital Marketing Tahap II mengawali dengan semangat.  Terlebih buat saya yang telah mengikuti pelatihan sertifikasi Tahap I sebelumnya, namun belum lolos seleksi sampai tahap uji sertifikasi.  Yups, ada 2 tahapan seleksi, agar peserta bisa mengikuti uji sertifikasi fasilitas dari Kemenkop UKM yang tidak dikenakan biaya ini.

 


Pada saat ditawarkan kembali oleh pihak kampus ukm untuk mengikuti pelatihan sertifikasi ini sangat bahagia, tak berpikir lama, saya putuskan, yaaa ikuuutt! Kali ini pelatihan sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kemenkop UKM bekerjasama dengan LSP Teknologi Digital akan saya ikuti dengan lebih bersungguh-sungguh.

Bukan tanpa rintangan, Ketika kami mengikuti sesi pelatihan pertama sampai ke sepuluh, lho.  Pelatihan di kampus UKM berlangsung setiap hari Senin dan Rabu dengan meninggalkan sejumlah tugas di setiap pertemuannya.  Hal ini ditambah pula dengan kewajiban menjawab pretest dan posttest, sebelum dan sesudah penyampaian oleh mentor, diantaranya oleh pak Buana dan pak Wahyu.  Namun kesemuanya tidak membuat kami menyerah.  Kadang kala kami harus agak terlambat mengikuti zoom  akibat adanya beberapa kegiatan di dunia nyata.

Sampailah kami di sesi yang ke-10 pada tanggal 27 Oktober 2022, dengan serentetan tugas sebagai bahan seleksi agar dapat melanjutkan ke tahap bimbingan teknis(bimtek) pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022.  Alhamdulillah kali ini saya bersama sekitar 99 orang lainnya berhasil lolos ke tahapan bimbingan teknis.  Saat inilah kami benar-benar diuji, 2 hari pelatihan bimtek benar-benar membuat kami jatuh bangun, seperti roller coaster.  Selain kegiatan bimtek, tentunya kami juga harus menghadapi kegiatan di dunia nyata.  Selain mengikuti secara marathon, pelatihan dari pukul. 8.00-16.00, dilanjutkan mengerjakan seabreg tugas, yang Alhamdulillah nya sebagian tugas adalah penyempurnaan tugas sebelumya, seperti membuat kelayakan bisnis, company profile, membuat link g maps bisnis, serta sejumlah artikel, maupun format iklan yang memenuhi kaidah AIDA. 

Disela-sela kepadatan aktivitas dalam mengerjakan tugas bimtek, saya juga harus memenuhi challenge dari pelanggan baru bisnis masakan Minang saya.  Challenge nya, yaitu berupa membuat hantaran masakan dengan kemasan yang dihiasi bunga-bunga nan cantik.  Jadilah, malam sebelum bimtek,saya harus bergadang menghias bunga-bunga cantik di kemasan hantaran ananda Ibu Naura.  Pagi sebelum mengikuti bimtek, saya dan kedua putra dan putri yang baik mengantarkan hantaran masakan cantik kepada beliau di ssebuah hotel di bilangan Selatan Jakarta.

Saat mengikuti bimtek, saya ikuti penjelasan pak Hanifuddin yang menarik, ditingkahi keseruan peserta yang merasa khawatir dengan tugas seabreg yang diberikan oleh beliau yang harus dipresentasikan pada tanggal 30 Oktober 2022.  Kegiatan bimtek diiringi dengan kondisi kesehatan yang agak menurun.  Namuun dengan tekad yang kuat, serta do’a supaya disehatkan dan dilancarkan segala urusan oleh Allah, tiba-tiba pada saat terbangun pada pukul 3 dini hari tubuh saya terasa sudah membaik.  Alhamdulillah akhirnya saya bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh pak Hanifuddin dan pak Buana, Alhamdulillah. 

Alhamdulillah pk. 22.04 tanggal 31 Oktober 2022, saya berhasil lulus test dan mengikuti sertifikasi Digital Marketing di Yogyakarta.  Terimakasih pak Pristiyanto, pak Buana, pak Wahyu, pak Hanifuddin, ibu Dewi, seluruh tim kampus UKM, Kemenkop UKM, dan LSP Teknologi Digital.  Do’akan sertifikasi saya berjalan lancar, yaaa….Aamiin Yaa Rabb






 

Post a Comment

0 Comments