9 Hal Baik yang Perlu Diajarkan kepada Anak

Semua hal baik perlu diajarkan sejak kecil, supaya dapat menghargai orang lain, dan dihargai pula oleh orang lain.  Anak-anak perlu diajarkan tata krama sejak kecil, supaya ketika besar memiliki sikap dan perilaku yang baik dan dapat bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat dengan baik, lho, Friends!.  Berikut 9 hal baik yang perlu diajarkan kepada anak-anak.

9 Hal Baik yang Perlu Diajarkan Kepada Anak

Anak asyik bermain bersama temannya
Sumber: Ezeoba by Kisspng.com
1. Integritas
Anak-anak harus diajarkan jujur, Friends, agar dipercaya oleh orang lain.  Seperti contoh jujur mengerjakan pekerjaan rumahnya sendiri, tidak mencontek atau pun jujur mengerjakan ulangan sekolah dan tidak mencontek hasil ulangan temannya.

Menjaga kepercayaan adalah hal penting yang harus dibiasakan dan dididik orang tua kepada anak.  Jika terbiasa berbohong, maka tidak akan ada orang yang percaya terhadap setiap perkataan maupun perbuatannya.  Lagi pula satu kebohongan akan ditutupi dengan kebohongan lainnya.

Seperti ketika seorang guru bertanya kepada muridnya, "Kenapa Dio tidak mengerjakan PR?"

Jawab Dio, "Lupa, Bu?" (Dio berbohong yang pertama kali, padahal alasan sebenarnya Dio malas mengerjakan PR)

Ibu guru bertanya lagi,"Mengapa lupa, kan, kemarin sudah disuruh catat PR-nya?"

Jawab Dio kembali,"Iya bu sudah saya catat, tetapi saya lupa tempat saya simpan bukunya". Kebohongan satu ditutup dengan kebohongan lain, karena sebenarnya Dio tidak mau atau malas mengerjakan PR, sehingga memberikan alasan 'lupa'.
2. Membiasakan mengucapkan kata 'tolong'
Anak harus dibiasakan mengucapkan kata 'tolong', jika memerlukan bantuan orang lain.  Kata 'tolong' adalah perkataan yang terdengar sepele, tetapi berdampak besar  terhadap anak.  Dengan mengucapkan kata tolong, ia akan belajar menghargai orang yang membantunya, walaupun tanpa mengucapkan kata 'tolong', ia tetap akan dibantu oleh orang yang lebih besar.

Hal sepele ini akan membuatnya menjadi orang dewasa yang menghargai perbuatan orang lain yang telah membantunya,  Bukankah orang yang menghargai orang lain, akan dihargai pula oleh orang lain, Friends? 
3. Membiasakan mengucapkan kata maaf
Membiasakan anak mengucapkan kata 'maaf' jika melakukan kesalahan ketika kecil akan mengantarnya menjadi orang dewasa yang sportif. Sportif yaitu berani mengakui kesalahan dan bertanggungjawab atas setiap perbuatannya.  
4. Membiasakan mengucapkan terimakasih
Mengucapkan 'terimakasih' seringkali terlihat sepele, padahal dampak ucapan tersebut, tidak sesepele pengucapannya.  Misalnya, ketika anak mengucapkan terimakasih kepada anak lain yang telah membantunya, maka tentunya anak tersebut akan senang bermain dengannya.

Ketika dewasa, ia akan menghargai setiap bantuan atau pun pekerjaan yang dilakukan orang lain untuk membantu kelancaran pekerjaannya.  Tentu dampaknya adalah orang lain akan sangat senang hati membantunya.
5. Menepati janji
Menepati janji adalah hal penting berikutnya yang perlu diajarkan kepada anak.  Misalnya anak berjanji kepada Bunda untuk belajar jam 7 malam, maka diusahakan untuk anak menepati janjinya, karena hal ini akan menjadi suatu kebiasaan yang melekat sampai ia dewasa kelak.

Menepati janji yang telah dibuat, membuat seseorang akan dihargai oleh orang lain.
6. Mendengar terlebih dahulu, baru kemudian menjawab
Ada suatu istilah 'manusia diberikan 2 buah telinga dan 1 mulut, agar 'mendengar lebih banyak daripada bicara'.  Anak perlu diajarkan untuk mendengarkan dengan baik pembicaraan orang lain, sebelum menanggapi.

Kalimat seseorang yang belum selesai diucapkan, tetapi sudah ditanggapi tentunya akan menimbulkan tanggapan yang salah terhadap pembicaraan orang lain.  Namun, jika kalimat seseorang sudah selesai diucapkan, baru ditanggapi, maka pihak lawan bicara dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan pernyataan lawan bicaranya.

Contohnya:
1. Jika seseorang mengucapkan kalimat,"Saya akan pergi....", namun segera ditanggapi, tentunya akan menuntut tanggapan yang berbeda jika kalimat tersebut diselesaikan.
2. "Saya akan pergi, tolong jaga rumah saya baik-baik".
Kalimat pertama hanya menyatakan kalimat berita, kalimat kedua adalah kalimat yang berisikan permintaan tolong, tentunya akan menimbulkan kalimat tanggapan yang berbeda.

Kalimat pertama hanya pemberitahuan, namun pada kalimat kedua menuntut kesediaan lawan bicara untuk menjaga rumah pembicara pertama.
7. Menatap lawan bicara
Menatap lawan bicara
Sumber: Pixabay.com
Menatap lawan bicara, tepatnya menatap satu titik di tengah diantara kedua alis.  Menatap lawan bicara ketika sedang berbicara, tentunaya menimbulkan perasaan dihargai bagi lawan bicara.  Semu orang senang dihargai, bukan?
8. Mengingat nama seseorang
Sebaiknya ketika sedang berbicara, tidak lupa terhadap nama lawan bicara.  Mengingat dan menyebut nama atau pun sebutan lawan bicara, akan membahagiakan lawan bicara.
9. Berkata yang baik atau diam
Anak seharusnya diajarkan untuk berkata yang baik atau lebih baik diam.  Berkata yang baik, akan menjaga perasaan diri sendiri atau pun orang lain.  Sebaliknya perkataan buruk akan merusak perasaan diri sendiri atau pun orang lain, juga akan merusak persahabatan yang telah terbina sebelumnya.

Demikianlah hal baik yang perlu diajarkan kepada anak, sehingga kelak dirinya dapat dihargai oleh orang-orang di lingkungannya, karena anak menghargai mereka pula.

Friends, bagaimana menurut kalian tentang hal baik yang perlu diajarkan kepada anak?  Silahkan tulis di kolom komentar....





Post a Comment

51 Comments

  1. Ini akhlak ya Bun yang emang harus lebih utama ditanamkan pada diri anak dan kita juga sih sebagai orangtua.

    ReplyDelete
  2. Tolong, terima kasih, dan maaf udah mulai agak jarang di era saat ini. Memang sangat disayangkan. Makanya harus diajarkan juga dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya winda prastika ank ap.17.201 sangat".berguna artikel ini karna menurut saya anak". akan mulai terbiasa dengan melakukan hal yang baik. karna suatu saat dia sudah dewasa akan menjadi pribadi yang baik..

      Delete
  3. no 7 itu sekilas kayak sesuatu yang sepele padahal sangat penting. Setuju akutu mbak.

    ReplyDelete
  4. Kadang hal - hal yang dianggap sepele itu yang penting yah, mudah2an anak2 sekarang bisa menjadi pribadi yang memiliki ahlak mulia, aamiin.

    ReplyDelete
  5. Hal-hal yang kadang dianggap sepele tapi besar manfaatnya. Hampir semua sudah mulai dilakukan sedikit demi sedikit. Orang tua memang contoh terbesar untuk anak nya. Semoga generasi anak - anak bisa menjadi generasi yang baik, sopan dan santun

    ReplyDelete
  6. Seperti sepele namun sangat fatal jika dilewatkan. Ahlak dan karakter baik memang wajib diajarkan kepada anak sejak dini. Kami homeschooling kan anak, menekankan pada karakter baik tersebut, daripada pintar membaca

    ReplyDelete
  7. Ternyata mengingat nama seseorang termasuk hal yang sangat penting ya... emang aku juga ngerasain kalau ada orang yang ingat nama kita saat bicara itu termasuk penghargaan buat kita

    ReplyDelete
  8. Integritas atau kejujuran perlu banget ditanamkan sejak dini, ibaratnya seperti akar

    ReplyDelete
  9. Wah bener banget mbak. Hal sederhana seperti minta maaf, tolong dan terimakasih akan sangat mempengaruhi lawan bicara yaa. Merasa lebih nyaman dan lebih dihargai. Cucok banget artikel ini buat panduan parenting orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak memang perlu dibiasakan hal2 baik y moms supaya terbiasa sampai dia deqasa nanti

      Delete
  10. Wah iya nih mbak, ini pelajaran kecil dan sederhana tapi sering luput diajarkan sama ortu. Jadi noted bnget nih buat ortu baru seperti saya...

    ReplyDelete
  11. Menepati janji ke anak nih yang masih belajar terus. Aku yang kadang lupa bikin gak nepati janji. Jadinya kalo anak sedikit berulah, mereka alasannya karena mama gak tepat janji. Huhuhu...

    ReplyDelete
  12. Bener kak dari kecil harus dibiasakan 9 hal baik itu, terutama maaf dan terima kasih, jangan sampai gengsi bilang maaf 😁

    ReplyDelete
  13. 9 hal ini penting emang diajarkan sejak dini... biar kebawa sampe dewasa.. saat ini banyak remaja yang udah melupakan sopan santun bahkan dari hal yang remeh kayak menatap lawab bicara.. banyakan menatap layar gadget

    ReplyDelete
  14. Memang penting banget ya mengajarkan anak soal adab sejak masih kecil. Apalagi kalau melihat bagaimana sekarang anak-anak sudah semakin kehilangan adab kepada yang lebih tua

    ReplyDelete
  15. Tengkyu mom sharingnya. Satu lagi yang penting adalah contoh dr ortunya. Krn kalau kebiasaan itu juga dilakukan oleh ortu maka anak otomatis biasanya langsung nyontek perilaku kita.

    ReplyDelete
  16. Kata tolong emang masih kurang di kalangan anak-anak sekarang. Aku selalu bilang sama anakku, embun tolong ambilin ini. Jadi kata tolong di telinga dia gak asing

    ReplyDelete
  17. Bener banget mba setuju dengan 9 kata yang harus di biasakan kepada anak. Dan ini memang pembelajaran karakter juga ya.

    ReplyDelete
  18. Sepakat bun... Sepertinya sepele, tapi banyak lho yang tidak biasa mengucapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih... Padahal 3 hal tersebut sangat penting teruta dalam hubungannya dengan pergaulan dengan orang lain.

    ReplyDelete
  19. Bener nih mba hal hal dasar gini harus diajarin anak dri usia dini agar terbiasa sampai dewasa demi terwujud pribadi yang baik bertanggung jawab dimasyarakat ya

    ReplyDelete
  20. Wah recomended banget ini hotelnya boleh banget kalo liburan ke jogja mana deket banget sama tempat wisata

    ReplyDelete
  21. Saya sangat setuju! 9 hal baik yang perlu di ajarkan kepada Anak ini sangat bermanfaat sekali. Bahasa penyampaiannya mudah di mengerti. Anak² memang harus di ajarkan dengan baik sedini mungkin, kelak nanti dewasa si Anak bisa menerapkan dan berperilaku baik kepada orang lain.

    ReplyDelete
  22. Artikel yg sangat bermanfaat untuk diajarkan kepada anak-anak dr usia dini, supaya anak tersebut terbiasa dengan sopan santun, etika dan sikap yg baik dalam berkomunikasi, dan tidak menyepelehkan orang yg ad disekitarnya.. Aku si Yes banget Bbuu.. Hehe

    ReplyDelete
  23. Sangat setuju... 9 hal yang harus diketahui oleh seorang ibu dalam mengajarkan anak nya sewaktu kecil akan berpengaruh saat mereka dewasa nanti. Artikel yang sangat bermanfaat untuk semua orang, dengan artikel ini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan 9 hal diatas seorang anak akan bersikap sopan santun, saling menghargai satu sama lain, jujur dalam melakukan sesuatu hal. Semoga para pembaca dapat menerapkannya dikehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Tips yang sangat" bermanfaat bagi sy kelak menjadi ortu. karna ketika sy ingin memiliki anak yg akhlaknya baik sy pun harus mempunyai ke 9 hal tsb untuk diajarkan kepada anak" sy kelak, karena begitu amat sngat penting untuk dia ketika dewasa nanti yg sudah mengenal dunia yg begitu keras, dan tidak lupa pula untuk selalu mengedepankan agama terutama sholat 5 waktu ;)

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Evrida Ayu KartikaningtyasAugust 1, 2019 at 6:28 PM

    saya sangat setuju dengan 9 hal-hal baik ini. karena mengajarkan hal tersebut kepada anak di usia dini, akan memberikan dampak yang baik kepada anak itu kelak. bila tidak diajarkan sejak dini, anak tersebut akan menyepelehkan hal-hal tersebut kepada orang lain yang usia nya jauh lebih dewasa dibanding dia. terutama untuk hal Menatap Lawan Bicara itu menurut saya memang sangatlah penting, karna dengan kita berbicara lalu menatap lawan bicara maka orang tersebut akan merasa senang dan merasa sangat dihargai. ohya, tetapi masih banyak orang-orang di sekitar saya sangat menyepelehkan untuk mengucapkan "Terimakasih" ketika selesai diberikan bantuan atau pertolongan. dan seringkali mereka meminta tolong kepada orang lain pun juga lupa untuk mengatakan "tolong", terlihat sangat sepele namun hal-hal seperti mengatakan "terimakasih" dan "tolong" itu sangat berarti bagi sebagian orang.

    terimakasih untuk artikel ini bu, sangat membantu saya untuk lebih mengetahui hal-hal tersebut. dan insha Allah akan saya terapkan bila kelak nanti memiliki anak. sukses selalu untuk ibu!

    ReplyDelete
  28. saya sutuju sekali dengan 9 hal -hal baik ini karena anak yang baik itu anak yang dididik oleh orang tuanya sejak dini agar kelak menjadi anak yang berguna bagi nusa bangsa

    ReplyDelete
  29. Ade Maulida SilvianiAugust 1, 2019 at 7:19 PM

    saya sangat setuju menerapkan kan 9 hal baik kepada anak sejak dini agar si anak kelak dapat menjadi anak yang baik serta anak yang berguna untuk nusa bangsa dan hal baik kepada anak dapat diajarkan sejak dini oleh orang tuanya karena pada dasarnya orang tualah jembatan yang menentukan masa depan nya seorang anak itu bagaimana sukses terus bu untuk artikelnya terus ditingkatkan agar kedepannya indonesia semakin maju dengan memulai mengajarkan tentang kebaikan sejak dini

    ReplyDelete
  30. Saya sangat setuju dengan isi artikel yang Ibu buat (9 Hal Baik yang Perlu Diajarkan kepada Anak). Namun masih banyaknya segelintir orang yang menyepelekan beberapa hal diatas. Misalnya mengenai integritas, orang yang tidak memiliki integritas cenderung memilih cara singkat atau instan untuk mencapai apa yg diinginkan (menghalalkan berbagai cara). Peran orang tua disini sangat penting untuk menumbuhkan sikap itu agar anak menjadi lebih bertanggung jawab, contohnya: meminta anak untuk membereskan mainannya sendiri setelah digunakan.
    Selanjutnya, ajarkan anak mengatakan "Tolong" yang sopan dan tulus namun jangan sampai si anak menjadi manja karena selalu minta dibantu melakukan hal-hal sederhana dan ajarkan si anak untuk tidak malu mengatakan "Maaf" dan "Terima kasih" hal tesebut dapat bertujuan agar si anak memiliki rasa sopan santun kepada orang lain.
    Biasakan anak berkata "Permisi" saat lewat di depan orang yang lebih tua dan minta si anak untuk diam atau tenang saat kita sedang berbicara dengan orang lain, dengan begitu kita dapat mengajarkan sikap untuk menghargai orang lain kepada anak.
    9 hal ini harus dilakukan oleh para orang tua secara konsisten. Dimulai dengan memberi penjelasan (kenapa harus dilakukan atau kenapa tidak boleh dilakukan), lalu menjelaskan konsekuensinya dengan memberi pujian jika hal itu dapat dikerjakan si anak dengan baik dan benar atau menegurnya tetapi tidak melukai hati atau fisik si anak (beri penjelasan ketika anak salah melakukan atau beri penjelasan ketika kita berkata "Jangan lalukan")

    Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini, sukses selalu bu atas karya-karya (tulisan artikel) terbarunya.

    ReplyDelete
  31. Ya saya sangat setuju karna seorang anak² tanpa diajarkan 9 hal ituu tidak akan mengerti untuk menghargai atau bersikap baik terhadap orang tua,teman,dan siapapun.

    ReplyDelete
  32. Saya sangat setuju dengan artikel yang ibu buat yaitu 9 Hal Baik yang Perlu Diajarkan kepada Anak, sepele tetapi efek kebaikannya sangat luar biasa, mengajarkan anak usia dini untuk memiliki sifat seperti itu tidak la mudah, harus membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Sebagian anak sekarang lupa akan hal itu seperti " Minta Maaf" contohnya, entah mereka gengsi atau memang mereka tidak mau menegakan kebenaran, mulailah sejak kecil mengajarkan anak untuk selalu meminta maaf apabila ia salah.
    Dan jangan lupa untuk menjelaskan alasan kenapa mereka harus melakukan 9 hal baik tersebut, dan jelaskan pula akibat apabila mereka tidak mematuhinya tentunya dengan kata kata yang baik sehingga tidak terkesan menakuti
    Artikel ini sangat bermanfaat khususnya untuk wanita dan para calon ibu agar dapat mendidik anak anaknya dengan penuh kebaikan dan kebeneran

    Terima kasih bu:)

    ReplyDelete
  33. Saya sangat sangat sangat setuju dengan 9 hal baik yg perlu diajarkan terhadap anak 👍. Jika sudah ditanamkan hal tersebut insyaallah anak tersebut tumbuh mnjadi pribadi yg baik. Terimakasih bu sudah membuat artikel ini jika sy sudah menjadi ibu sy akan mendidik dengan 9 hal tersebut dan dengan versi yg penuh kasih sayang hehe☺

    ReplyDelete
  34. Saya sangat setuju dengan artikel ini tentang 9 hal baik yang perlu diajarkan kepada anak. Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak sejak kecil agar dapat berperilaku dan berkebiasaan baik saat dewasa, maka orangtua perlu menjadi panutan atau contoh untuk anak-anaknya. Anak dapat belajar hampir dari keseluruhan apa yang mereka lihat, oleh karena itu penting sekali untuk menunjukan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti. Dengan menggunakan kata ‘tolong’, 'maaf' dan ‘terimakasih’, hal ini bertujuan untuk membiasakan anak agar mereka memiliki sikap sopan santun. Untuk itu jagalah sikap dan perilaku kita, sebab apa yang kita lakukan akan pula memainkan peran pada kebiasaan dan perilaku anak.
    Makasih artikel ini sangat bermanfaat bagi saya yang akan menjadi orangtua dan bagi orangtua lainnya untuk mengajarkan hal baik kepada anaknya.

    ReplyDelete
  35. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat bu! Mengajarkan anak-anak dengan 9 hal baik sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Jika hal ini diterapkan oleh orangtua setiap hari maka diharapkan jika dewasa nanti, anak-anak jauh lebih menghargai orang sekitarnya. Dengan contoh yang diberikan dapat memberikan gambaran bagi kami para pembaca untuk mengajarkan 9 hal baik kepada anak-anak dengan harapan dapat dipahami dengan mudah.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Artikel yang sangat bermanfaat untuk semua orang tua dan calon orang tua, karena artikel ini memberikan tips kepada para orang tua untuk mengajarkan 9 hal baik kepada anak sejak kecil, agar memiliki sikap yang baik, sopan santun dan dapat menghargai orang lain. Tentunya semua hal-hal baik tersebut harus diterapkan orang tua kepada anak setiap saat, agar mereka terbiasa melakukan hal baik.
    Terimakasih tips dan ilmunya bu...

    ReplyDelete
  38. Saya sangat sangat sangat setuju dengan 9 hal baik yg perlu diajarkan terhadap anak . Dan memang seharusnya sebagai orang tua harus mendidik anaknya untuk selalu menjaga sikap/ sopan dan santun dengan menatap lawan bicara terhadap orang lain sejak dini. Kelak ketika mereka dewasa mereka lebih bisa menghargai lawan bicara nya. Dan dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga lawan bicara merasa dihargai. Karena kalo tidak mengajarkannya sejak dini. Kelak suatu saat anak itu tidak bisa menjaga attitudenya/sopan santun terhadap orang lain. Contohnya seperti " Minta tolong " Dan jangan lupa untuk selalu bilang terima kasih. Dan jangan gengsi untuk selalu minta maaf kalau pun ada salah. Karena kata sepele tapi sangat bermakna untuk orang lain. Dan sebagai calon ibu harus selalu mengajarkan hal hal baik kepada anaknya. Artikel ini sangat bermanfaat untuk semua orang. Kelak suatu saat ketika saya memiliki anak, saya dapat mencontohkan hal hal positif seperti ini kepada anak saya.


    Terima kasih ibuu:)

    ReplyDelete
  39. Saya sangan setuju dengan artikel yang ibu buat ini tips pelajaran hal yang kecil dan sederhana namun banyak manfaatnya bagi orang tua dan calon orang tua. Memang sudah kewajiban orang tua mendidik anak sejak dini. Karena seperti yang kita ketahui bahwa masa kanak – kanak itu masa keemasan. Masa kanak – kanak masa dimana otak anak berkembang pesat dan ingatannya sangatlah kuat. Oleh karena itu orang tua perlu menanamkan nilai – nilai akhlak berperilaku yang baik pada anak sejak anak usia dini. Menanamkan akhlak berperilaku yang baik pada anak sejak anak usia dini bertujuan untuk anak tersebut memiliki sikap atau karakter yang baik tertanam kuat pada diri anak dan kelak tidak akan mudah terpengaruh oleh pengaruh luar. Manfaatkanlah masa keemasan anak tersebut dengan sebaik – baiknya, tanamkanlah hal – hal yang baik dan positif bagi anak. Dengan cara mengucapakan kata “permisi”, “maaf”, “tolong”, “terima kasih”, hal tersebut bertujuan untuk membiasakan anak agar mereka memiliki sikap sopan santun dan menghargai orang lain. Dan jangan lupa menjelaskan kepada anak kenapa harus dilakukan/kenapa tidak boleh dilakukan. Jika anak berbuat salah harus menegurnya secara baik – baik dan jangan melakukan kekerasan fisik terhadap anak jika mereka melakukan kesalahan.
    Terima kasih atas artikel yang ibu buat sangat bermanfaat bagi saya dan saya akan menerapkan tips ini jika kelak nanti saya memiliki anak. Sukses selalu ibu :)

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. sangat bermanfaat sekali. 9 hal yang harus diketahui oleh seorang ibu dalam mengajarkan anak nya sewaktu kecil akan berpengaruh saat mereka dewasa kelak nanti. tentu saja hal baik harus diterapkan dri kecil hingga dewasa. jika sudah ditanamkan sikap seperti itu, kedepanya akan menjadi blh baik 😊

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Saya sangat amat setuju dengan tips yang ibu berikan di atas, selain di ajarkan sejak dini tentang akhlak yang baik alangkah baiknya anak tersebut tetap di ajarkan atau di kontrol hingga dewasa agar tidak mudah terpengaruh dengan ajaran barat atau akhlak yang tidak terpuji di kemudian hari seperti anak-anak jaman sekarang.

    ReplyDelete
  44. Saya sangat setuju dengan artikel ini mengenai 9 hal baik yang perlu diajarkan terhadap anak. Setiap orangtua harus memerhatikan anak mulai dari hal kecil seperti kejujuran, meminta tolong kepada orang lain agar anak tersebut dapat menghargai orang yang membantunya, meminta maaf apabila memiliki kesalahan, mengucapkan terimakasih untuk menghargai orang yang telah menolongnya, menepati janji terhadap orang lain, menatap lawan bicara saat sedang berdiskusi, berkata yang baik terhadap oranglain. Apabila hal-hal tersebut diterapkan dengan baik, anak tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.
    Terimakasih artikel ini sangat bermanfaat bagi calon ibu atau ibu-ibu yang baru memiliki anak😊

    ReplyDelete
  45. Artikel yang sangat bermanfaat bu.. Saya sangat setuju dengan 9 hal baik yang perlu diajarkan kepada anak ini. Nilai moral dan sikap sopan santun memang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, baik itu dengan orang yang lebih tua maupun teman sebaya nya. Terlebih dengan kata "maaf, tolong, dan terimakasih" banyak sekali anak zaman sekarang ini yang tidak menerapkan kata-kata tersebut, padahal itu merupakan sebagai bentuk cara untuk menghargai orang lain yg ada disekitar kita. Terimakasih bu untuk tips-tipsnya semoga dapat bermanfaat dan diterapkan oleh seluruh orang tua kepada anak-anaknya

    ReplyDelete
  46. Saya sangat setuju dengan artikel ini mengenai 9 hal baik yang perlu diajarkan kepada anak,karena pada era saat ini sangat jarang sekali anak-anak berkata maaf,tolong,terimakasih karena kurang nya prioritas kpd anak,dan lebih banyak memainkan gadget/hp, dengan tips yg sangat bermanfaat ini ketika saya mempunyai anak nanti pasti akan saya ajarkan kpd anak saya,supaya moral dan sopan santun nya terbentuk dengan baik agar ia mengerti begitu pentingnya mengahargai setiap orang maupun itu orang tuanya,keluarganya,teman sebayanya,ataupun orang lain yg tak ia kenal

    Terimakasih bu atas tips nyaa😊

    ReplyDelete
  47. Ya bener banget.
    anak juga harus diajarkan berkata dan bersikap baik meskipun itu di pandang sepele. dan semua itu dimulai dari diri kita. Keluarga kita, dan bahkan lingkungan sekitar kita . dan semua itu sudah tercantum dalam artikel di atas
    terimakasih untuk artikel nya sangat bermanfaat🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete