Durian yang Menggoda Selera dan Nilai Tambah bagi Petani Durian di Indonesia

Hello, Friends!

Tahukah kalian dengan buah durian? Siapa yang tidak suka dengan buah yang berduri tajam ini?  Hampir semua orang menyukai  buah durian.  Durian, buah yang memiliki kulit luar yang keras dan berduri tajam dan memiliki variasi warna antara hijau sampai dengan kuning agak kecoklatan.  Di balik kulitnya yang keras dan tajam itu berada daging buah yang enak, lezat, membuat selalu ingin dan ingin menikmati kembali.  Buah berdaging lembut ini sangat menggoda selera.


                                                                             Durian
                                                        (Sumber: Claire Wu dari Pixabay.com)

Namun, sangat disayangkan buah durian di Indonesia dijual hanya dalam bentuk buah aslinya.   Buah durian di Indonesia pada umumnya diolah menjadi es durian, sop durian, cake durian, martabak durian ataupun pizza durian.  Memang hal itu merupakan pengolahan yang baik bagi buah durian, akan tetapi tidak terlalu meningkatkan nilai tambah bagi petani durian di Indonesia.

Pengolahan Durian di Negara Tetangga

Coba, kita bandingkan dengan negara Thailand ataupun negara Malaysia, mereka membuat produk olahan durian yang memiliki nilai tambah berkali-lipat bagi petani durian di negara-negara tersebut.

Sebagai contoh negara tetangga kita membuat pie durian yang dikemas dalam sebuah kotak eksklusif yang terbuat dari aluminium.  Pie durian dalam bentuk kemasan eksklusif, tentunya sangat meningkatkan nilai tambah durian yang dihasilkan oleh negara tersebut yang terkenal lezat tersebut.

Atau negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia yang membuat cokelat yang berisi durian di tengahnya dengan kemasan kotak yang eksklusif, hal ini tentunya juga meningkatkan nilai tambah dari produk cokelat dan durian di negara tersebut di mata konsumen.  Sehingga konsumen pun dengan senang hati membelinya sebagai oleh-oleh buat kerabat di rumah.



                                      Pie Durian dari Thailand dan Cokelat Durian dari Malaysia
                                                     (Sumber foto: Koleksi pribadi)

Namun, tentunya durian khas Indonesia tidaklah kurang lezatnya dibandingkan dengan durian dari negara-negara tetanga tersebut.

Macam-Macam Varietas Durian di Indonesia

Di Indonesia terdapat bermacam-macam varietas durian, bahkan hampir setiap pulau besar di Indonesia memiliki varietas durian khas di pulau tersebut.  Sesuatu yang sangat luarbiasa, bukan, Friends?

Di Sumatera ada durian Asoe Kaya (Aceh), Bantal Mas (Sumatera Selatan), durian Takada (Sumatera Barat), durian Bintana (Deli Serdang).  Varietas durian yang disebutkan hanyalah sebagian kecil dari varietas durian yang ada di Sumatera.

Durian Petruk, Sunan, Sukun, durian Mas, Sitakong dan Otong di Pulau Jawa.  Sedangkan di pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat ada durian Bestala dan Kepala Gajah.

Adapun durian Elai Mahakam, Mansau, Mawar dan Gantar Bumi adalah varietas durian di Kalimantan.  Sedangkan di Maluku dan Sulawesi ada durian Kumara dan Sariwigading.  Secara keseluruhan ada sekitar 72 varietas buah durian di Indonesia.  Indonesia sangat kaya akan varietas buah durian, bukan, Friends?

Nilai Tambah Bagi Petani Durian

Namun, alangkah baiknya jika pemerintah dapat mengkolaborasikan antara petani durian dengan pengusaha agar dapat memberikan nilai tambah bagi buah durian yang dihasilkan oleh para petani durian Indonesia.  Bukan dengan posisi petani hanya sebagai penjual buah durian saja, tetapi petani durian dilibatkan dalam pengolahan buah durian untuk meningkatkan nilai tambah buah berduri tajam ini.  Hal ini tentunya akan meningkatkan pendapatan bagi petani.

Alternatif lain adalah petani diberikan pembimbingan dalam pengolahan buah durian, sehingga petani dapat melakukan ekspor hasil olahan buah durian tersebut.  Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan petani dibandingkan dengan hanya melakukan ekspor buah durian saja.  Peningkatan kesejahteraan petani durian, tentunya akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan Negara Indonesia.

Friends, jika para petani buah durian dapat meningkat pendapatannya, tentunya petani buah-buahan lain juga akan memiliki dampak yang sama, bukan?  Apalagi Indonesia, negara penghasil buah-buahan yang cukup besar, sayang sekali pengelolaan terhadap buah-buahan tersebut masih kurang terbina dengan baik.  Mudah-mudahan di masa yang akan datang pengelolaan perkebunan durian sampai dengan produk akhir akan menjadi lebih baik di Indonesia.


Evalina



Post a Comment

36 Comments

  1. Betul .. nilai tambah pada hasil pertanian bisa diupayakan dengan mengolahnya.tidak sekedar dijual apa adanya.eh, saya juga nulis tentang pemberdayaan petani lho,mbak. tapi untuk kakao.yuk berkunjung ke blog saya hehe
    Semoga pertanian di Indonesia semakin maju.takkalah dengan negara tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak Dewi....apalagi kalau ada kerjasama antara petani misalnya petani dulian dan cokelat, jadi produk cokelat durian. Oke mbak, nanti saya berkunjung ke blog mbak...

      Delete
  2. Saya suka durian & kripik durian dr thailan itu luar biasa. Daging durian yg lunak, bisa jadi garing. Endeees pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sammaaa mbak, say juga suka produk olahan durian

      Delete
  3. Betul, nilai tambah dan jual untuk petani akan lebih banyak dan berlipat ganda kalau ada yang bantu mengelolahnya.

    Karena durian Indonesia tidak kalah enaknya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap mbak, petani memerlukan pendampingan profesional agar lebih dapat memberikan nilai tambah pada produk durian yang dihasilkan. Sebenarnya pendampingan pada petani tidak merugikan juga, karena akan berdampak pada peningkatan pendapatan negara

      Delete
  4. duh duh ini yang bikin ngiler. saya kurang suka buah durian gitu aja di makan tapi kalo di jadikan makanan lain seperti es krim durian, coklat durian, pancake durian, yang gitu2 lah doyan banget wkwkwk. kadang makan suka kalap hingga lupa kalo lagi diet, heu. Boleh lah nanti cari-cari coklat durian merk ini, hihi. makasih bun infonya.

    ReplyDelete
  5. Waw duriaaaan! Hihi aku selalu mupeng sama yang namanya durian. Kalo nggak inget kandungan gula dan alkoholnya, bia habis 2 biji sendiri wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  6. Kalau durian aku doyan, tapi bukan yang penggemar banget gitu. Olahannya pun aku nggak terlalu hobi untuk mengonsumsinya. Biasanya 2 atau 3 biji buah sudah cukup buatku. Beda sama keluarga kakak iparku yang tergila-gila sama durian. Wis apa aja dibeli kalau ada bau-bau duriannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan durian juga tidak boleh berlebihan...bukan hanya durian, makanan lain juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan ya, mbak

      Delete
  7. Olahan durian emang selalu punya konsumen sendiri ya mbak, sayang buah ini adalah buah musiman. Tapi banyak kok pengusaha durian di indonesia yg sudah mulai kreatif. Bahkan terkadang mereka kehabisan barang untuk di jual dan di olah. Semiga petani durian kita semakin mampu bersaing dengan petani durian luar ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. semoga petani kita lebih berdaya ya, mbak...

      Delete
  8. Aduh buah favorit saya banget ini mah. Bener bu kalo para petani lokal dibantu untuk promosi dan didukung oleh pemerintah ga kalah bersaing loh sama buatan luar. Apalagi kemaren durian dari mana tuh yang bisa mahal banget 1 kepala

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat di kampung mamaku juga terkenal sebagai.penghasil durian. Sayangnya, hasil durian hanya dijual begitu saja atau kalaupun diolah hanya diolah menjadi dampok durian.

    ReplyDelete
  10. Durian...puas makan saat tinggal di Sumut, sekarang di Jakarta enggak sering beli karena mahal dan jarang yang aselii hiks
    Setuju jika ada kolaborasi antara petani dan pengusaha . Tentu juga pemangku kebijakan yang memudahkan prosesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat saya ke Thailand, memang jadi tahu bahwa durian sudah diolah menjadi segala penganan. Yang pastinya bikin petani durian makin berkembang dan pendapatan dari komoditi durian bisa bertambah

      Delete
  11. Awalnya g suka durian. Gara2 suami jd suka bgt sama durian, apalagi dibuat es krim durian

    ReplyDelete
  12. Aduw ini buah kesukaanku banget sih. Walaupun tiap makan nggak bisa banyak banyak tapi rasanya selalu bikin kangen.

    Semoga industri Durian Indonesia bisa bersaing sama industri Durian negara tetangga suatu hari nanti dan jadi primadona. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Duhh duriannya montok bgt..
    Aku selain di makan langsung, paling suka kalau durian diolah jadi pancake

    ReplyDelete
  14. Iya mba, semoga lebih banyak lagi ide mengolah durian menjadi makanan unik khas indonesia. Agar semakin banyak peminat durian dan meningkatkan penghasilan petani durian. Btw coklat durian jadi pengen coba.

    ReplyDelete
  15. Seru juga yaa. Aku bahkan baru tau banget durian disatuin dengan coklat. Gimana itu rasanya ya? Penasaran juga ��

    ReplyDelete
  16. Betul mb, apalagi di tempat di mana durian banyak dan harganya murah. Diversifikasi produk sangat perlu untuk meningkatkan nilai jualnya. Tfs mb

    ReplyDelete
  17. Setuju nih sama artikel ini. Nilai jual suatu produk bakalan nambah kalo kayak gini. Kalo di tempat ku itu kulit sapi kan banyak peternakan sapi nih di tempat ku. Sekarang tambah banyak juga yang jualan krecek, produk dari bahan kulit sama pupuk kandang

    ReplyDelete
  18. durian yg paling enak bagi saya adalah yg langsung dimakan dengan membuka kulit buahnya. cara bukanya itu loh perjuangan banget. tapi sekarang udah ada yg kemasan langsung makan dan bahkan diolah macam2 yaa, makin enaaak

    ReplyDelete
  19. Durian kesukaan suami n anak2 banget nih. Saya sih ya biasa aja kalo ada mau makan, kalo ga ada ga nyari. Tp bener ya masih blm banyak makanan olahan dr durian d Indonesia

    ReplyDelete
  20. Ini buah favorit aku banget. Suka ga cukup kalau makan 1 buah aja.. hahaha.
    Tapi sayang banget sekarang di daerah Jawa sudah mahal banget harganya :(

    ReplyDelete
  21. Durian adalah salah satu buah favorite aku pribadi Mba, sewaktu hamil pun sampai maksa makan karena pengen.. hehe. Beruntung dibolehkan meski hanya satu mata aja.

    ReplyDelete
  22. Woow banget baca varietas durian di Indonesia.
    Ini buah memang selalu bikin aku ngileerr...

    ReplyDelete
  23. Temanku pernah penelitian di perkebunan durian, dan sekarang dibuatlah ekowisata durian di daerah pemalang, ternyata sampai kulit durian bisa diolah lagi dan jadi tambahan penghasilan istri petaninya

    ReplyDelete
  24. Durian itu buah yang menyenangkan dan aromanya itu nggangeni banget. Dibuat apa aja bisa, jadi pengen beli durian mbak hihi.

    ReplyDelete
  25. Adohhh duriannya menggoda banget mba. Aku jadi kangen dengan durian medan yang legit manis dan uenakkk

    ReplyDelete
  26. bukan penggemar durian sih sebenarnya. kalau aku pengennya mungkin ada olahan durian yang bisa bikin aku suka sama rasanya. hihi

    ReplyDelete
  27. Aku ga terlalu suka duren dan liat durian ini jadi ngiler

    ReplyDelete
  28. Sebenarnya Indonesia tuh orangnya kreatif2 yaa, bisa mengolah berbagai bahan makanan menjadi makanan yang unik dan kreatif. Semoga pemerintah dan lembaga lain bisa membantu produksi dan juga promosi dalam skala besar :)

    ReplyDelete
  29. Durian buah favorit aku juga nih. Sekarang kalau buah bisa langsung diolah jadi penganan bagus banget untuk meningkatkan produk perkebunan, meningkatkan taraf hidup para petaninya, dan kalau bisa ya sekalian di eksport ya

    ReplyDelete