8 Karakter Anak Terakhir yang Unik

Setiap anak memiliki sifat dan karakter yang unik.  Perkembangan sifat anak dan karakternya dipengaruhi oleh banyak hal.  Salah satu yang mempengaruhi adalah urutan kelahiran anak.  Anak yang dilahirkan pertama, ditengah, atau pun terakhir, biasanya memiliki karakter berbeda.  Cenderung manja, selalu bisa membahagiakan orang lain, serta manipulatif, merupakan sebagian kecil karakter unik anak terakhir yang diketahui.  

Psikolog sekaligus penulis The Birth Order Book and The First-Born Advantage, Kevin Leman, anak terakhir merupakan anak yang manipulatif serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.  Kevin mengungkap 8 karakter anak terakhir, seperti dikutip Huffingtonpost, Rabu (11/11/2015)

8 Karakter Anak Terakhir yang Unik

Sumber: Pixabay.com


1. Suka belajar dari keberhasilan atau kegagalan orang disekitarnya

Anak terakhir banyak belajar dari pengalaman orang tua dan kakak-kakaknya di masa lalu, nasehat dan saran banyak diterima dari orang sekelilingnya.  Hal ini menjadi pelajaran baginya  dalam menjalani kehidupannya kelak.

2. Kreatif

Anak terakhir cenderung mudah menghibur diri sendiri, jika kakak-kakaknya sibuk dengan permainan atau urusannya masing-masing, maka ia akan mudah menemukan kesibukan sendiri.  Dengan kreatif ia melakukan kegiatan sesuai hobinya sendiri, oleh sebab itu anak terakhir cenderung lebih kreatif daripada kakak-kakanya.

3. Gampang tidur, walaupun dalam suasana bising dan lampu menyala

Walaupun suasana di sekitarnya bising dengan suara televisi atau pun suara orang yang sibuk mengobrol, namun anak terakhir dengan mudahnya tidur terlelap.  Anak terakhir juga mudah terlelap, walaupun dalam keadaan lampu menyala.

4. Lebih banyak memiliki teman yang berusia lebih tua

Anak terakhir cenderung memiliki banyak teman, baik yang seusia maupun yang lebih tua usianya.  Hal ini karena teman-teman kakaknya, juga menjadi temannya, sehingga memperbanyak jumlah teman yang dimiliki.

5. Memiliki hak istimewa untuk mendapatkan keinginannya

Anak terakhir cenderung memiliki hak istimewa untuk mendapatkan keininannya.  Biasanya orang tua dan kakak-kakaknya cenderung tidak tega untuk tidak memenuhi permintaan anak terakhir, hal ini juga terkait dengan sifatnya selalu ingin membahagiakan orang lain.  Jika orang lain bahagia, tentunya akan lebih mudah mengutarakan dan mendapatkan keinginan, bukan?

6. Humoris

Anak terakhir memiliki rasa humor yang tinggi, ia suka menghibur orang tua, kakak-kakak, serta teman-teman di sekelilingnya.  Walaupun suka menangis juga, anak terakhir cenderung lebih banyak tertawa dengan humor yang dilontarkan.

7. Menunjukkan kasih sayang dengan terbuka

Anak terakhir cenderung manja memperlihatkan kasih sayangnya dengan terbuka.  Memeluk ibu, makan disuapi, bermanja dengan ayah, atau pun menjadi perhatian kakak-kakak adalah karakter anak terakhir sesungguhnya.  Hal ini karena karena anak terakhir cenderung lebih kurang mengalami tekanan, sehingga lebih bebas mengekspresikan perasaannya.

8. Paling dicintai

Walaupun setiap keluarga memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda.  Namun, biasanya anak terakhir adalah anak yang paling dicintai orang tua dan kakak-kakaknya, karena perhatian tertumpah pada anak terkecil di keluarga.

Nah, Friends inilah 8 karakter anak terakhir yang unik! Apa sajakah karakter kalian?  Silahkan diisi di kolom komentar....








Post a Comment

3 Comments

  1. Setuju. Anak-anak tuh kreatif banget. Daya imajinasi mereka luas

    ReplyDelete
  2. Anak saya justru sedikit kesulitan saat tidur dalam keadaan ramai. Inginnya main terus

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalau anak terakhir begini. saya coba sinkronin sama adik saya emang kebanyakan iya sih. even nggak semuanya ya

    ReplyDelete