BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia, Sang Jenius Pemilik 46 Hak Paten Nan Romantis


Indonesia dan dunia berduka atas wafatnya Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie, sang jenius pemilik 46 Hak Paten di bidang Aeronotika pada tanggal 11 September 2019 di usia 83 tahun.  Kecerdasan Habibie kecil diasah oleh ayahnya, Alwi Abdul Djalil Habibie yang menjawab rasa ingin tahunya dengan jawaban serius secara sederhana dan mudah dimengerti serta dipahami oleh anak-anak.  Walau jenius di bidang teknologi yang pada umumnya pribadi yang serius, namun Habibie adalah pribadi yang romantis kepada sang istri, Hasri Ainun sampai akhir hayatnya, serta dekat dengan anak dan cucu.

Habibie Kecil yang Selalu Penuh Rasa Ingin Tahu


BJ Habibie dan Ainun Habibie, pasangan yang romantis


Sejak usia 2-3 tahun Habibie kecil selalu bertanya dan ingin tahu segala hal serta tidak akan berhenti bertanya sampai rasa ingin tahunya terpuaskan. Orang pertama  yang ditanya adalah sang ayah, Landbouw Consulent atau Kepala Bidang Pertanian Pare-Pare.

Salah satu pertanyaan beruntun sang Habibie kecil adalah pertanyaan yang diajukan, ketika melihat ayahnya sedang menyambung pohon mangga ke pohon mangga lainnya.

Melihat hal itu, segera Habibie menanyakan, apa yang sedang dikerjakan oleh ayahnya?

Ayahnya menjawab, sedang melakukan eksperimen, melakukan percobaan agar mendapatkan jawaban. Kemudian lanjut ayahnya sedang melakukan setek pohon mangga dari Jawa yang rasanya lebih manis ke pohon mangga milik mereka.

Pertanyaan Habibie yang akrab dipanggil Rudy berikutnya  adalah mengapa harus disetek?

Yang dijawab kembali oleh ayahnya, agar ia (Rudy) dapat memakan mangga yang manis dengan teman-temannya.

Ingin memuaskan rasa ingin tahunya, Rudy kecil pun bertanya, bagaimana jika gagal?

Ayahnya pun tidak bosan menjawab pertanyaan buah hatinya yang cerdas ini.  Jawabnya,"Kalau gagal, kita coba lagi dengan cara lain dan dengan  pohon mangga lainnya".   Sayangnya ayahnya tidak selalu dapat hadir setiap saat disamping Rudy untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaannya.

Untuk memuaskan keingin tahuan Rudy yang sangat besar, ayahnya pun membelikannya berbagai macam buku.  Sehingga pada usia 4 tahun, Rudy sudah lancar membaca,berbagai  macam buku dibacanya, mulai ensiklopedia sampai buku cerita.   Buku favorit Rudy adalah karya Leonardo da Vincy dan karya Jules Verne, bahkan buku berbahasa Belanda pun dibukanya.  Melihat minat baca puteranya, orang tua Rudy pun membelikannya Kamus Bahasa Belanda!  Sehingga ia makin asyik dengan buku-bukunya!

Bertemu Sang Belahan Jiwa, Ainun, untuk Pertama Kali


Salah satu orang tempat Rudy bertanya untuk memuaskan rasa penasarannya akan pengetahuan adalah ayah dari Ainun.  Karena Rudy adalah pelajar terkecil yang datang, maka teman-temannya suka menggodanya, namun Rudy malah meledek Ainun.  Ainun tidak marah karena, itulah sebabnya Rudy mulai menyukai Ainun.

Sempat terpisah selama 8 tahun, karena Habibie harus menuntut ilmu ke Jerman, ketika bertemu kembali Habibie muda pun semakin jatuh cinta dengan Hasri Ainun.   Mereka pun menikah pada tanggal 12 Mei 1962, pertemuan yang berakhir manis, bukan?  Dari pernikahan tersebut lahirlah Ilham Akbar dan  Thareq Kemal Habibie.

BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie, Pasangan yang Romantis


Walau pun pada saat awal menikah, kehidupan Habibie dan Ainun agak sulit, karena harus menghemat biaya hidup, serta pendidikan Doktor Habibie, namun hidup mereka tetaplah romantis. Habibie sangat menyayangi Ainun.  Dukungan dan cinta Ainun yang sangat besar untuk mendukung pendidikan dan karir Habibie,  membuatnya dapat memiliki hak paten  yang cukup banyak di bidang Aeronotika.  BJ Habibie memiliki 46 hak paten, salah satunya adalah hak paten Teori Keretakan Pesawat yang penting bagi industri pesawat.  Teori ini menyebabkan Habibie terkenal sebagai "Mr. Crack".


BJ Habibie ketika peresmian N 250


Ahli pesawat yang terkenal dengan rancangan pesawat N 235 dan N 250 ini diberi predikat sebagai Bapak Teknologi Indonesia, karena berjasa mengembangkan dunia teknologi di Indonesia.

Pesawat N250 salah satu Maha Karya BJ Habie


Meskipun identik dengan teknologi yang sangat serius, namun Habibie adalah suami yang romantis.

Hal ini diceritakan oleh TB Hasanuddin, ajudan BJ Habibie ke pewawancara stasiun televisi TV One ketika menjabat sebagai Presiden RI ke-3.  Pada saat sarapan pagi, Ibu Ainun akan mengoles beberapa helai roti dengan mentega dan selai, setelah itu diberikan kepada Bapak Habibie untuk dimakan.  Namun, pak Habibie akan mencubit sedikit bagian roti dan menyuapkan kembali ke Ibu Ainun,romantis, bukan?

Di kesempatan lain, Presiden Habibie terburu-buru ke istana, karena di sana telah menunggu tamu-tamu kenegaraan.  Setelah beberapa saat iringan mobil berangkat dari kediaman, tiba-tiba pak Habibie menyuruhnya kembali ke rumah.  Ternyata pak Habibie belum sempat minum kopi yang dibuatkan oleh Ibu Ainun tercinta!  Ketika ditanyakan oleh ajudan beliau, mengapa tidak menyuruhnya (Hasanuddin) membuatkan kopi di istana saja?

Apa jawaban bapak Habibie? "Lain, kopi ini khusus dibuatkan oleh Ibu Ainun".  Dari jawaban tersebut, bisa dilihat, bahwa Bapak Habibie sangat menghargai Ibu Ainun.

Presiden BJ Habibie pun selalu menyantap makanan buatan Ibu Ainun yang diantarkan ke istana, kecuali jika sedang keluar kota!  Jika sedang ke luar kota, Ibu Ainun pun akan merekomendasikan makanan yang akan disantap oleh pak Habibie, so sweet, bukan?

Keromantisan BJ Habibie juga dilihat ketika Hasri Ainun menderita sakit di akhir hayatnya, tak sekejap pun istri tercinta ditinggalkan.  Bahkan ketika Ibu Ainun telah meninggal, Habibie sempat merasa limbung, dalam tidur tak sadar memanggil-manggil nama istri tercinta, sehingga dokter memberikan beberapa alternatif penyembuhan.  BJ Habibie pun memilih menulis sebagai sarana menumpahkan rasa cinta, rasa sayang ke almarhum Ainun.

Dari tulisan tersebut, maka diterbitkanlah buku yang kemudian di filmkan.  Film dari tulisan almarhum yang sudah ditayangkan adalah "Habibie & Ainun" dan "Rudy Habibie".  Film ke-3 sedang dalam proses pembuatan adalah film "Habibie & Ainun 3" yang sayangnya tidak sempat beliau tonton, karena baru akan ditayangkan pada Bulan November 2019.

Selain menghasilkan karya yang di filmkan, almarhum Habibie juga telah menerbitkan beberapa puisinya yang menggambarkan kecintaannya kepada almarhumah Ainun Habibie.  Kecintaan sampai akhir hayat, bahkan kuburan beliau pun bersebelahan dengan kuburan istri tercinta di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, salah satu syarat yang diajukan BJ Habibie, ketika Hasri Ainun Habibie akan dikuburkan di TMP Kalibata ini. Benar-benar cinta dalam keabadian!  Selamat jalan Bapak BJ Habibie, semoga bertemu kembali dengan Ibu Hasri Ainun Habibie dalam cinta dan keabadian.










Post a Comment

28 Comments

  1. Merinding membacanya. Sempat berkaca-kaca mata yuni, kalau nggak ingat lagi di kantor, mungkin rasanya air di mata ini akan tumpah-tumpah.

    Kedengarannya yuni lebay ya. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Cerita tentang Eyang Habibie gak ada habisnya dan gak bosan dibaca. Beliau sosok yang paripurna. Pantas dijadikan teladan

    ReplyDelete
  3. Selalu suka mendengar cerita Pak Habibie, yang paling membekas itu pas N250 pertama kali diterbangkan, sampe sekarang pun aku masih bolak-balik nonton rekamannya di yutub, terharu bgt rasanya, mudah2an banyak anak bangsa yg bisa meneruskan jejak perjuangannya

    ReplyDelete
  4. Pasangan yang beneran bisa jadi telasan, Pak Habibie dan Ibu Ainun. Insya Allah surga untuk keduanya. Bangga punya putra Indonesia secemerlang BJ Habihie. Surga menanti. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Almarhum Eyang dan Ibu Ainun memang panutan, bagaimana hubungan suami istri tak sebatas hak dan kewajiban, tapi ada relasi yang kuat dan saling membutuhkan. Meskipun tidak semua pasangan se-ideal ini, tapi bolehlah jadi inspirasi buat kita-kita.

    ReplyDelete
  6. Tidak ada duanya memang pa Habibie. Sayang aja, bangsa Indonesia waktu itu, mungkin smp skrng belum percaya produk pesawat buatan Indonesia. Malah patennya dipakai industri pesawat LN.

    ReplyDelete
  7. Teori keretakan ini yang ada di film habibi ainun 1 ya? memang luar biasa sih kecerdasan Pak Habibi. hanya saja selalu menyisakan tapi dibelakangnya. misalnya tapi ilmu beliau kurang dihargai oleh negaranya sendiri

    ReplyDelete
  8. Pasangan romantis abad ini di Indonesi deh kalo eyang Habibie ini mah. Salut dan respect banget sama beliau berdua. Selamat jalan Mr. Crack, surga tempatmu berada.

    ReplyDelete
  9. Nggak pernah hilang kekagumanku pada bapak ini, selalu bangga dan ingin mencontoh beliau

    ReplyDelete
  10. Terhanyut saya membaca cerita ini, sungguh sosok yang lengkap pintar dan romantis. Otak kanan dan kiri yang sangat seimbang... anugerah yang tidak semua orang mendapatkannya

    ReplyDelete
  11. sosok bapak habibie memang terkenal dengan hobinya yang suka membaca, dengan penemuan dan kisah kehidupan cinta yang dia bngun bersama ibu ainun sudah tidak perlu di ragukan ... kehidupan bilau sangat memberikan motivasi bagi kita semua apalagi untuk generasi muda sebagai penerus bangsa .. kisahnya yang sangat membangun dan membuat kita terinspirasi dalam pendidikan dan cinta perlu kita terapkan dalam kehidupan kita agar bisa sukses dalam kehidupan 👍

    ReplyDelete
  12. Sebuah sosok yg luar biasa dari bapak BJ Habibie, seorang anak bangsa yg bisa mengangkat nama dan martabat Indonesia di muka dunia. Disamping itu jg, beliau sosok yg hangat dan romantis terhadap keluarga

    ReplyDelete

  13. Sangat patut untuk dicontoh agar kita biss menjadi penerus bangsa seperti beliau, dgn memiliki rasa ingin tau yg tinggi.

    ReplyDelete
  14. Eyang habibie, kalau mendengar kata itu pasti teringat pesawat, perjuangan dia, dan yg punya waktu tidur hanya 4jam dan itu digunakan untuk belajar. Sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  15. Merinding saya membacanya. Sosok yang sangat luar biasa bapak B.J Habibie yang hanya mempunyai waktu tidur hanya 4jam dan waktu dia gunakan untuk belajar. Beliau sangat patut untuk di contoh. Dan beliau pun sosok yang hangat Serta sangat romantis terhadap istrinya. Kehidupan beliau sangat menginspirasi dan memotivasi Kita semua Anak muda. Kisah kehidupan nya boleh Kita terapkan dalam kehidupan Kita untuk sukses

    ReplyDelete
  16. Merinding saya membacanya sosok yang sangat luar biasa bapak B.J Habibie yg hanya mempunyai waktu tidur 4jam dan waktunya dia gunakan untuk belajar l. Beliau sangat patut untuk di contoh. Dan beliau pun sosok yg hangat Serta sangat romantis terhadap istrinya kehidupan beliau sangat menginspirasi dan memotivasi Kita semua Anak muda. Kisah kehidupan nya boleh Kita terapkan dalam kehidupan Kita untuk sukses.

    ReplyDelete
  17. Perjuangan dia dan kisah"nya sangat membanggakan dan sangat patut dicontoh untuk kita sebagai penerus bangsa..

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Keren banget perjalanan hidup, salah satu orang terjenius di indonesia ini. Dan kita pun sebagai anak muda sangat lah pantas untuk menjadikan seorang bapak bj habibi sebagai inspirasi kita

    ReplyDelete
  20. Orang trhebat sepanjang sejara indonesia,ilmu pengetahuan nya seluas hatinya eyang habibie tidak hanya pintar dia juga memiliki pengethuan yang sangat luas,

    ReplyDelete
  21. Sangat memotivasi dan menginspirasi saya untuk lebih giat bekerja keras dan belajar lebih giat agar berguna bagi bangsa dan negara

    ReplyDelete
  22. setiap saya menbaca cerita Pak Habibie, sosok yang sangat menginspirasi sekali. saya selalu iri dengan Ibu Ainun, beliau sangat beruntung karena Pak Habibie yang begitu cinta pada negara dan cinta pada Ibu Ainun.

    ReplyDelete
  23. bapak bj habibie sosok yang sangat di bangga bangga kan oleh bangsa indonesia. sikap beliau patut untuk dijadikan acuan motivasi bagi diri saya orang yg selalu patang menyerah dan mempunyai pengetahuan yg luas

    ReplyDelete
  24. Sosok pahlawan, bapak yang sangat menginspirasi orang banyak terutama saya yang sangat kagum akan kerja keras beliau. Bj Habibie dikenal hampir dengan semua orang bahkan dunia, sikap beliau terhadap istrinya pun yang selalu mencintai seumur hidupnya, tidur hanya 4 jam, Pantang menyerah dan hanya terus bekerja dan bekerja. Sikap sikap itulah yang sangat patut dicontoh teruta untuk anak anak penerus bangsa.

    ReplyDelete
  25. Eyang BJ Habibie adalah sosok suri tauladan bangsa Indonesia. Kisah inspiratif beliau tidak akan ada habisnya untuk dibahas, kepintaran dan kepandaiannya yang diatas rata rata tersebut, ia gunakan bukan hanya untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga untuk negara. Terimakasih Eyang Habibie

    ReplyDelete
  26. Saya merasa bangga kepada bapak bj. Habibie yang sudah memajukan bangsa indonesia, dan dia adalah sosok ilmuwan yang sangat pinter di indonesia

    ReplyDelete
  27. Selalu bangga dengan cerita bpk bj.habibie. sosok suri tauladan bangsa indonesia dan dicintan disayangin bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  28. Dari cerita Bpk Bj.Habibie ini, kita bisa mengambil contoh dan menjadikannya sebagai motivasi, beliau adalah orang yang sangat luar biasa, begitu banyak pelajaran yg bisa kita ambil dari kehidupan beliau, salah satunya adalah beliau sangat mengabdi kepada negara indonesia, dan menjadi pasangan yang setia sampai akhir hayatnya.

    ReplyDelete