Bumbu Dapur untuk Kecantikan dan Ketampanan, Ini, Lho, 11 Tipsnya!


Punya bumbu yang cukup banyak di dapur Bunda? Tentu, dong!  Sudah tahu atau belum, bumbu dapur juga bisa lho, dimanfaatkan untuk kecantikan dan ketampanan kita?   Wah, jadi kepo (ingin tahu) nih, bagaimana caranya ya untuk menambah kecantikan dan ketampanan!  Yuk, kita kupas 7 tipsnya!

Macam-macam bumbu dapur

7 Tips Bumbu Dapur untuk Kecantikan dan Ketampanan


Perawatan wajah atau pun rambut perlu, lho, baik untuk wanita atau pun pria.  Tak perlu risau dengan harga kosmetik perawatan wajah yang cukup mahal.  Bumbu di dapur Bunda pun dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dan ketampanan.  Yuk, kita intip tips bumbu dapur untuk kecantikan dan ketampanan yang oke ini!

1. Ampas kopi

Ampas kopi sebagai masker wajah
Sumber: Pixabay.com


Wah, kopi selain enak untuk diminum, ampasnya pun bermanfaat, lho, untuk masker wajah!  Masker kopi bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, oke banget, kan?  Begini caranya untuk membuat masker kopi, dua sendok makan ampas kopi dan sebutir putih telur diaduk dan dioleskan ke wajah, kemudian didinginkan selama 30 menit.  Setelah itu, wajah dibilas dengan air hangat, wajah akan lebih segar dan kencang! 

2. Teh

Teh serbuk dan kantung teh
Sumber: Pixabay.com


Baik teh serbuk maupun kantung teh, memiliki manfaat untuk wajah, lho!  Serbuk teh basi (yang kemarin) dapat digunakan untuk mencuci wajah dan bermanfaat untuk menyegarkan wajah.  Sedangkan ampas kantung teh dapat digunakan untuk masker mata, lho!  Khasiat masker mata ini, yaitu untuk menghilangkan kantung mata yang ditimbulkan karena keseringan begadang.

3. Jahe


Jahe yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan khas Indonesia, juga bermanfaat, lho, untuk membersihkan kulit, terutama untuk kulit berminyak.

Jahe bisa membuat wajah terlihat lebih muda, serta memperlancar sirkulasi darah di kulit, lho!

Jahe dan lemon dengan jumlah masing-masing sama banyak dicampurkan, kemudian tambahkan madu organik mentah, diaduk sehingga menjadi pasta.  Kemudian campuran tersebut dioleskan ke wajah, setelah dibiarkan selama beberapa menit, dibilas dengan air dingin.

4. Lengkuas


Lengkuas atau laos bermanfaat untuk mengobati panu di kulit.  Sudah cantik dan tampan, tetapi memiliki panu di bagian kulit lainnya? Oh, tidak!  Gunakan lengkuas untuk mengobatinya!  Caranya, lengkuas dibelah menjadi dua bagian.  Bagian dalam dari lengkuas digosokkan pada bagian tubuh yang berpanu.  Lakukan hal ini tiga kali sehari, kulit akan sehat kembali!

5. Kunyit


Kunyit sudah digunakan oleh puteri-puteri keraton di Pulau Jawa sebagai bahan untuk melulur tubuh, lho!  Kunyit memiliki kandungan antiseptik, antibakterial, dan vitamin C.  Semua ini bisa membuat kulit menjadi awet muda, serta mencerahkan, sudah pernah mencoba?

6. Serai


Batang serai, selain bermanfaat dalam masakan, bisa untuk mengusir nyamuk, bisa juga untuk kecantikan dan ketampanan, lho!  Jerawat yang menghiasi wajah, bisa diatasi dengan menggunakan batang serai.  Caranya?  Campurkan serai dengan teh dan oleskan di bagian wajah yang bermasalah.

7. Merica


Merica atau lada yang dihaluskan dapat digunakan, lho, sebagai scrub untuk menghilangkan komedo.  Merica halus dicampur dengan yoghurt plain sebagai pengobatan jerawat.  Merica dapat membantu kulit agar tetap halus, lembut, lentur, serta menghilangkan komedo.

8. Bawang putih


Bawang putih selain banyak bermanfaat bagi masakan dan kesehatan, juga bermanfaat untuk menyamarkan noda bekas luka, menghilangkan komedo, menghaluskan kulit, bahkan hingga mencegah gejala penuaan. lho!  Bagaimana cara penggunaan untuk menghilangkan jerawat, ya?  Bawang putih sebanyak 1 siung dihaluskan, kemudian dioleskan pada jerawat, setelah didiamkan selama 10 menit, kemudian dibasuh dengan air bersih.

9. Cengkeh


Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai campuran sayur sup ini berfungsi sebagai antioksidan dan mengandung kadar polifenol yang tinggi.  Hal ini membuat minyak yang dikandung cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai cleanser alami untuk membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran, serta mengurangi peradangan di kulit wajah.

10. Kayu manis

Kayu manis atau cinnamon
Sumber: Pixabay.com


Kayu manis atau cinnamon memiliki kandungan anti bakteri yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan peredaran darah.  Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk kue ini juga memiliki manfaat mengurangi penuaan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen, sekaligus juga meremajakan kulit, lho!

11. Santan


Santan sering digunakan untuk membuat rambut lebih lembab, serta tidak kering, juga mengurangi kerontokan rambut.  Bagaimana cara penggunaannya?  Santan dioleskan ke kepala, sambil memberikan pijatan.  Namun, santan tidak disarankan, lho, untuk rambut yang berminyak, nanti rambut akan makin berminyak!


So, jangan khawatir kalau dompet sedang tipis!  Bumbu dapur juga bermanfaat, lho, untuk kecantikan dan ketampanan kita, oke banget, kan?





Post a Comment

9 Comments

  1. saya termasuk buk ibuk yang manfaatin segala macam bahan dapur untuk wajah hahaha... tapi ya itu, makenya sering ga rutin. :D

    ReplyDelete
  2. Waah..ternyata banyak juga bumbu dapur yang bisa membuat kulit wajah jadi semakin kinclong ya...
    Selama ini hanya digunakan untuk masak aja hihihi

    ReplyDelete
  3. Yang pernah coba cuma teh, kunyit dan santan....Ternyata masih banyak bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan dan ketampanan. Mesti dicoba ini, kan semua ada di dapur bahannya, tinggal eksekusi aja

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya Mbak ternyata bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan ketampanan. Kalau saya biasanya untuk menjaga kesehatan. Kayak kunyit, jahe dan juga kencur. Buat obat2an tradisional.

    ReplyDelete
  5. Aku dulu mengatasi rambut kering dengan santan mbak dan alhamdulilah berhasil, hanya saja emang butuh telaten ya hehe. Btw aku baca merica untuk menghilangkan komedo, pas pakenya bersin - bersin ga ya hihi

    ReplyDelete
  6. Whaa ternyata bahan-bahannya ada di dekat kita dan mudah didapatkan. Tinggal kita aja nih mau atau gak ya, hehehe

    ReplyDelete
  7. Dulu pas jaman sekolah, yuni pernah punya panu. Sama mama dipotongkan lengkuas dan digosokkan ke panunya Yuni. Mama nggak puas kalau cuma dioles. Yuni lupa berapa lama panunya ilang. Tapi emang ilang sih. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Ternyata oh ternyata, engga perlu jauh². Buat cantik ada di bumbu dapur. Cuma harus rajin menyiapkan aja sih ya...

    ReplyDelete
  9. Sebagian besar aku sudah pernah coba, tp ya itu, nggak konsisten makeknya. Kecuali ampas kopi ya, iti masi rajin banget buat scrub.

    ReplyDelete