9 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik, Nomor 9 Harus dibagikan, Lho!

Pada era ini penggunaan plastik sudah merupakan kebiasaan masyarakat.  Penggunaan plastik memang praktis, tetapi tahukah kalian bahwa banyak hewan laut yang mati karena menelan sampah plastik.  Ada 12,7 juta ton sampah p;astik berakhir di lautan, mengendap di dasar laut, dan meracuni atau termakan oleh hewan laut.  Hal ini dapat dilihat, seperti ikan paus atau pun kura-kura yang ditemukan mati dan banyak plastik di dalam perutnya.

Diperkirakan rata-rata ada sektar 500 juta sampai dengan 1 milyar kantong plastik dalam 1 tahun, dan 1 juta kantong plastik per-menit.  Bisa dibayangkan semua itu, akan menjadi tumpukan sampah plastik yang sangat banyak dan tinggi.  Sedangkan agar terurai dengan sempurna, akan diperlukan waktu selama 100-500 tahun, lama sekali, bukan, waktu penguraiannya? 

Ada beberapa pihak yang membakar sampah plastik untuk tindakan penanggulangannya.  Tetapi ternyata hasil pembakaran plastik akan menjadi dioksin di udara.  Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit terhadap manusia, seperti gangguan pembengkakan hati, gangguang sistem syaraf, atau gejala depresi.

9 Tips Mengurangi Penggunaan Plastik


9 Tips mengurangi penggunaan plastik

1. Bawa tas belanja sendiri

Tas belanja
Sumber: Artur Konik, Pixabay.com

Untuk mengurangi penggunaan plastik, sebaiknya kita membawa tas belanja sendiri, karena tas belanja bisa dipakai berkali-kali.  Agar lebih bersemangat, kita bisa menggunakan tas belanja yang  memiliki berbagai variasi bentuk.


2. Bawa botol air isi ulang


Dari pada membuang uang untuk membeli air mineral dalam botol plastik, lebih baik membawa boto air isi ulang sendiri dari rumah.

Penggunaan botol air isi ulang, bisa mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.  Botol air isi ulang dapat digunakan berkali-kali dengan hanya mengisi air kembali, jika haus dan ingin minum.

3. Bawa wadah kopi atau teh sendiri


Dengan membawa wadah kopi atau teh sendiri, maka dapat mencegah kita dari menambah sampah dari penggunaan gelas plastik sekali pakai.  Hal ini

Jika kopi atau teh sudah habis diminum, maka kita dapat mencuci wadah tersebut untuk digunakan kembali jika diperlukan.

4. Gunakan kotak makanan yang bisa dipakai ulang

Kotak makanan
Sumber: Hazela, Pixabay.com

Daripada membeli makanan dengan wadah plastik sekali pakai yang akan menyumbang timbunan sampah, akan lebih baik menggunakan kotak makanan yang dapat dipakai berkali-kali.

5. Hindari penggunaan peralatan makan sekali pakai


Sebaik-baiknya ketika makan, kita menggunakan peralatan makan yang bisa dipakai berulang kali.  Kita dapat membeli 1 set peralatan makan yang akan memudahkan pada saat akan membawanya.

6. Hindari penggunaan tas plastik


Dari pada menggunakan tas plastik yang akan jadi penyumbang sampah yang sulit diurai lingkungan, maka lebih baik menggunakan tas yang terbuat dari bahan

7. Gunakanlah peralatan makan dari rumah yang bisa dipakai ulang


Peralatan makan dari rumah yang bisa dipakai ulang akan lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya, selain itu juga ramah lingkungan.

8. Gunakanlah wadah gelas


Sebaiknya menggunakan wadah gelas yang terbuat dari beling atau kaca.  Wadah ini juga dapat digunakan untuk sebagai tempat penyimpanan barang yang lain.

9. Bagikanlah tips ini ke sanak saudara, maupun teman


Terakhir dan terpenting adalah bagikanlah tips ini ke sanak saudara, serta teman-teman, agar makin banyak yang sadar akan arti pentingnya menggunakan produk yang ramah lingkungan.  Hal ini dilakukan agar kita dapat mendukung pengurangan penggunaan sampah plastik untuk menyelamatkan bumi kita dari kerusakan lebih lanjut.





Post a Comment

27 Comments

  1. Bawa tas belanja sendiri nih aku masih suka lupa. Kalau botol minum atau tempat makan sih iya kadang udah suka bawa sendiri.

    ReplyDelete
  2. Aku belum semua lakukan yang mbak eva tulis. Tapi semua on progress. Thanks ya mbak artikelnya kembali mengingatkan kita untuk mengurangi sampah plastik

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaj untuk bebrapa poin sudah mulai saya lakukan Mbak. Bahkan di sekolah anak saya, kalau ada pertemuan komite, kita juga bawa bekal minum sendiri dari rumah dan snacknya di taruh piring kecil yang bisa dipakai lagi.

    ReplyDelete
  4. Setuju nomor 9 penting nih, selain melakukan kita mesti membagikan infonya. Mensosialisasikan tips mengurangi penggunaan plastik.
    Keren mbak Eva!

    ReplyDelete
  5. Aku dan anak-anak terbiasa membawa botol berisi air minum kalau bepergian. Satu orang satu botol. Tapi setidaknya kita butuh asupan lebih dari satu botol sampai kembali ke rumah nanti. Kebiasaan seperti ini nih yang bikin aku bingung. Kalau persediaan habis, lalu masih haus, pasti beli lagi dan itu kan dalam kemasan, ya.

    Mengingat di negara kita tuh masih minim banget fasilitas air minum di tempat umum.

    Soal penggunaan tas selain plastik, di Bogor kami sudah nggak pakai kantong kresek lagi. Tapi ya memang belum maksimal, ya. Mesti lebih banyak sosialisasi dan itu sesuai No.9 banget ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Nah peerku yang belum adalah bawa tempat kopi sendiri. Jadi harusnya dibedain yah, antara tumbler air putih dan kopi. Berarti next kemana-mana bawa 2 tumbler.
    Siaaap mbak no 9 akan aku bagikan pada yang lain. Terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  7. He he pastinya info ini harus dibagikan yaa terimakasih mbak

    ReplyDelete
  8. Bawa tas belanja sendiri itu yg aku sering lupa. Kadang belanjanya ngga direncanain, pas kelewatan mampir belanja deh.

    ReplyDelete
  9. Baru semalam aku baca artikel tentang sejarah terciptanya tas plastik pertama, eh pagi ini ketemu artikel yg ngingetin lagi. Ternyata org yg pertama menciptakan tas plastik itu justru karena khawatir terhadap semakin meningkatnya penggunaan tas kertas, yg juga berarti semakin banyak penebangan pohon. Tapi lihatlah hari ini, polusi terbesar justru datang dari plastik.

    ReplyDelete
  10. Hampir semua sudah kulakukan, tapi tetap saja aku belum steril dari plastik. Habis gimana, akunya belanja bawa plastik bekas, pak suamiku pulang bawa camilan atau apa gitu pakek plastik baru. Ya, sudahlah,

    ReplyDelete
  11. Pas banget ini. Saya sedang berusaha diet plastik, nih. Berusaha melakukan hal-hal yang disebut Mbak Eva di atas. Kadang ada khilafnya sih. Tapi berusaha perbaiki niat lagi

    ReplyDelete
  12. Kalau botol minum sih yuni udah mulai bawa sendiri. Terus kalau pas lagi beli es teh atau minuman dingin begitu sih udah nggak perlu pake sedotan plastik lagi. Hehehee

    ReplyDelete
  13. Sampe sekarang aku masih mengusahakan bawa kantong belanja sendiri, bawa tumblr, bawa sedotan , dan coba kirimin bekas skincare packagingnya ke go4waste buat di daur ulang kak

    ReplyDelete
  14. Butuh komitmen yang tinggi untuk mengurangi pengunaan plastik ini ya mbak. Sedikit-sedikit sudah mulai ikut gerakan ini juga walaupun kadang masih bolong.

    ReplyDelete
  15. Sampah plastik memang selalu menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai.
    Karena sebagian orang masih menganggap enteng hal tersebut, nyata nya plastik merupakan sampah atau limbah yang susah terurai dengan baik di tanah, beda halnya dengan dedaunan.
    Untuk itu marilah kita mulai dari diri sendiri untuk bijak mengurangi penggunaan plastik

    ReplyDelete
  16. Wah benar juga ya, tips no 9 bener banget. Lakukan semua hal untuk mengurangi penggunaan plastik lalu sebarkan ajakan ini agar semua ikut peduli dan melakukan hal yang sama. Keren idenya Mbak Eva!

    ReplyDelete
  17. Aku juga sekarang terbiasa bawa kantong belanjaan sendiri mbak kalau belanja. Lumayan mengurangi sampah plastik

    ReplyDelete
  18. Aku baru menerapkan poin 1 dan 2, tapi untuk poin 2 kadang air minum yang dibawa masih suka kurang. Jadi tetap beli air minum kemasan karena bingung isi ulangnya di mana :(

    ReplyDelete
  19. Iya benar harung ngajak-ngajak temen kalau mau semakin banyak orang yang akan ikuti jejak untuk mengurangi penggunaan plastik.

    ReplyDelete
  20. Aku mulai belajar juga nih buat ngurangin sampah plastik dimulai dari rumah

    ReplyDelete
  21. Perlu kerjasama dari banyak pihak nih mba biar bisa mengurangi sampah plastik. Harus banget mnurutku rajin bawa kotak makan sendiri :)

    ReplyDelete
  22. Waktu pertama kali saya bawa tas belanja sendiri di pasar, beberapa penjual masih ada yang heran. Bahkan masih suka ada yang maksa tetap pakai plastik. Tapi, lama-lama udah pada hapal. Kalau saya yang belanja, gak pakai plastik :D

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah daku lagi berupaya mengurangi sampah plastik dengan bawa air minum sendiri, biasanya suka beli 😁

    ReplyDelete
  24. Sekarang lagi belajar nih mba mengurangi sampah plastik biar lingkungan kita bsa lebih sehat y mba

    ReplyDelete
  25. Aku ditas manapun selalu sedia tas2 dari goodie bag yg aku lipat2 kecil biar kalo beli apa2 ga pake plastik. Trus bawa reusable straw sama kalau makan diluar diusahakan gak take away biar less plastic, sama bawa botol minum sendiri biar lebih higienis juga buat si kecil ❤❤

    ReplyDelete
  26. Kayaknya tips ke 9 tuh yang wajib yaa. Percuma aja kita tau dan baca, tqpi kalau disekelilung kita ga paham beginian.

    ReplyDelete
  27. untuk mengurangi penggunaan plastik bisa dengan mengganti kemasan plastik menjadi kemasan makanan food grade berbahan dasar kertas

    ReplyDelete