8 Tipe Kecerdasan Manusia, Termasuk Manakah Kamu?


Hai, Friends!

Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang cerdas.  Alhamdulillah, jadi saya termasuk mahluk yang cerdas? Ya, iyalah, Friends! Menurut Albert Einstein, manusia adalah mahluk yang cerdas, tugas yang berikutnya adalah mencari kecerdasan spesifik yang dimiliki dan kemudian mengembangkan kemampuan yang terkait dengan kecerdasan tersebut.

Sumber: Pixabay.com
Sebenarnya kecerdasan itu apa ya, Friends?  Menurut C. P. Chaplin, kecerdasan adalah kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara tepat dan efektif.  Ternyata, menurut Howard Gardner, potensi diri juga merupakan kecerdasan dan setiap orang memiliki kecerdasan majemuk, lho, Friends! 

Menurut Gardner pula, setidaknya ada 8 kecerdasan dasar.  Jadi penasaran, kan, kita termasuk tipe kecerdasan yang mana ya, Friends?  Yuk, kita kupas tuntas ke delapan tipe kecerdasan manusia ini.

8 Tipe Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner


Kecerdasan Matematis-Logis

Kecerdasan Matematis-Logis ini terkait dengan penggunaan angka dan logika, lho, Friends!.  Orang yang memiliki kecerdasan matematis-logis sangat menyukai segala sesuatu yang terkait dengan angka dan memiliki kapasitas untuk mencerrna pola-pola logis dan mampu mengolah alur pikiran yang panjang.

Sumber: Pixabay.com
Keahlian apa saja, sih, yang sesuai untuk tipe kecerdasan ini? Keahlian yang sesuai adalah ahli teknik, ahli matematik, ahli statistik, ahli analis komputer, ahli akunting, ahli pajak, filsuf, lho, Friends.

Mau tahu contoh ahli yang memiliki kecerdasan ini, Friends? Contohnya: BJ Habibie (ahli pesawat), Al Kharizmi (ahli matematika penemu angka nol dan algoritma), Albert Einstein (ahli Fisika).

Kecerdasan Spasial

Kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual-spasial dengan cermat serta mentransformasikannya.  Mampu dalam menyelesaikan masalah berdasarkan visualisasi  objek dari berbagai sudut pandang dan mengetahui secara detail, merupakan kemampuan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kecerdasan spasial, lho, Friends!

Sumber: Wicha imags


Keahlian yang sesuai dengan kecerdasan ini adalah ahli arsitektur, ahli seni, ahli navigasi.  Adakah kalian termasuk salah satu dari ahli yang telah disebutkan, Friends?

Contoh ahli dari kecerdasan spasial adalah: Affandi (pelukis naturalis), Mimar Sinan (ahli arsitektur), Christpoher Columbus (ahli navigasi)

Kecerdasan Kinestetis-Jasmani

Kemampuan menggunakan tubuh untuk menyatakan ide, pikiran dan perasaan untuk mengubah ataupun  menciptakan sesuatu.  Orang yang memiliki kecerdasan kinestetis-jasmani menyukai menggunakan tubuhnya untuk mengekspresikan atau menciptakan sesuatu, lho, Friends!

Sumber: AnnaliseArt dari Pixabay.com
Keahlian yang sesuai dengan kecerdasan ini, Friends, adalah karya drama, ahli pantomim, karya kreatif, ahli pahat, ahli tari, pilot, ahli mekanik, atlet.

Contohnya: Teguh Karya (teater), Yayuk Basuki (atlet tenis), Charlie Chaplin (pantomim).

Kecerdasan Linguistik 

Kecerdasan Linguistik adalah kecerdasan yang berkaitan dengan pengolahan kata.  Mampu menggunakan kata dengan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.  Peka terhadap bunyi, fungsi kata, struktur kata, makna kata serta bahasa, jadi orang dengan kecerdasan ini jago berkomunikasi, lho, baik lisan maupun tulisan, Friends!

Sumber: Pixabay.com


Keahlian yang sesuai dengan kecerdasan linguistik adalah orator atau ahli pidato, ahli mendongeng, ahli politik, ahli sastra, editor, penulis, ilmuwan sosial, guru.

Beberapa contoh tokoh yang memiliki kecerdasan ini, yaitu: Soekarno (presiden RI atau orator), Haji Agus Salim (ahli politik atau ahli negosiasi), Leo Tolstoy (penulis novel).

Kecerdasan Musikal

Orang yang memiliki kecerdasan musikal, mampu mengamati, menikmati, membedakan, mengarang serta mengekspresikan macam-macam musik.  Mampu mengapresiasi irama, puncak nada, dan tinggi rendah nada, tak heran orang dengan kecerdasan ini adalah pemusik atau kritikus musik yang hebar, Friends!

Sumber: Khamkhor dari Pixabay.com
Keahlian yang sesuai dengan kecerdasan ini adalah komposer musik, penyanyi, penikmat musik, dan kritikus musik, Friends!

Adapun contoh dari kecerdasan ini adalah Titiek Puspa (penyanyi), Johann Sebastian Bach (komposer musik), Suka Harjana (kritikus musik), lho, Friends!  Adakah tokoh yang kalian tidak kenal, Friends?

Kecerdasan Naturalis

Kemampuan untuk mengenali, membedakan, melakukan kategori terhadap spesies flora dan fauna di lingkungan sekitar.  Biasanya mereka suka mengamati alam sekitarnya, Friends! Orang dengan kecerdasan naturalis merupakan ahli dalam membedakan anggota suatu spesies dan memetakan hubungan antara beberapa spesies, secara informal maupun formal, lho, Friends? Hebat, bukan?

Sumber: Pixabay.com
Keahlian yang sesuai dengan kecerdasan Naturalis adalah ahli biologi, peneliti alam lingkungan, dokter hewan, petani, ahli ekologi, serta aktivis lingkungan.

Berikut beberapa contoh: Hairiah Kurniatun (ahli Biologi), Maharani Soekarjono (dokter hewan). Emil Salim (tokoh lingkungan hidup).

Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri.  Memahami perasaan sendiri serta mampu membedakan emosi serta pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
Sumber: Pixabay.com
Keahlian yang terkait dengan kecerdasan ini ialah keahlian terkait dengan keagamaan, keahlian psikologi, keahlian psikoterapis.

Beberapa contoh ahli yang memiliki kecerdasan intrapersonal, seperti Buya Hamka (pemimpin agama atau ulama), Ibnu Sina (ahli psikologi), dan Alfred Binet (ahli psikologi).

Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan untuk mengamati dan memahami suasana hati, maksud, dan perasaan orang lain.  Orang dengan kecerdasan interpersonal, mampu untuk merespon secara tepat suasana hati, motivasi dan keinginan orang lain, lho, Friends! Orang lain umumnya nyaman dengan orang dengan kecerdasan ini.
Sumber: Pixabay.com
Keahlian yang dimiliki oleh orang yang memiliki kecerdasan interpersonal, diantaranya politisi, psikolog, pengusaha, event organizer, konselor.

Contoh ahli yang memiliki kecerdasan interpersonal adalah Anies Baswedan (politisi), Bill Gates (pengusaha), Ibnu Khaldun (psikolog).

Setiap orang bisa memiliki beberapa kecerdasan sekaligus, dengan satu kecerdasan yang mendominasi.  Misalnya, seseorang bisa memiliki kecerdasam musikal, kecerdasan kinestetis-jasmani, tetapi juga memiliki kecerdasan visual, dengan kecerdasan visual yang mendominasi.

Friends, sudahkah tahu kecerdasan yang kalian miliki? Ditulis di kolom komentar, ya...



Evalina







Post a Comment

31 Comments

  1. Aku kayaknya linguistic deh. Point pertama matematika jelas tidak hehe. Bisa jadi intra or inter personal juga hehe. Jadi paham nih tentang macam-macam kecerdasan dalam diri. Makasi loh mbak sharing ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, bisa menganalisa diri sendiri, juga membantu orang lain...

      Delete
  2. Antara linguistik dan interpersonal hehe. Suka nulis tapi masih sulit untuk pede bicara depan orang banyak. Interpersonal suka jadi event organizer. Jaman kuliah sering banget ikut berbagai macam kepanitiaan dan organisasi hehe. Jadi tau nih banyak macam kecerdasan, makasih bun infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal lebih mengembangkan kecerdasan yang kita miliki, mbak : )

      Delete
  3. Aku mungkin musikal atau spasial. Penting banget kecerdasan intrapersoal yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecerdasan yang dimiliki seseorang adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseoeang. Dan semua manusia unik, jadi semuanya penting, mbak, selama bisa mengeksplorasi kemampuan diri

      Delete
  4. Aku interpersonal dan intrapersonal, sepertinya begitu ya?, jadi bisa mengerti kenapa beberapa kecerdasan, lebih maklum dengan orang lain, beda orang beda kecerdasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan lebih tahu kecerdasan diri sendiri, bisa lebih percaya diri dan tahu apa yang terbaik bagi diri sendiri, tx ya mbak sudah mampir

      Delete
  5. Kalau aku orang yang suka mewek dan gampang kasihan termasuk kecerdasan yang bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak mungkin termasuk kecerdasan interpersonal, mungkin ya, datanya kurang mbak...

      Delete
  6. Sepertinya saya sejak dulu lebih cenderung ke kecerdasan linguistik plus musikal :)
    Kadang ngerasa ada nyampur dengan kecerdasan interpersonal juga, sih.
    Apapun itu, bersyukur dengan keunikan diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, jadi kita lebih mengerti dengan yang kita inginkan sebenarnya....

      Delete
  7. Rasanya saya lebih ke kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, deh... Bisa lebih dua hal enggak mbak?��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, tetapi satu kecerdasan akan lebih menonjol dari pada yang lain, mbak...

      Delete
  8. Saya Memiliki kecerdasan apa, ya? Sepertinya linguistic Dan intrapersonal deh. Tapi dominan intrapersonal. Eh, Bener gak ya? Hadeuh jadi bingung deh. Hehe thanks yaa mbak sharingnya. Jadi tahu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pengetahuan tentang kecerdasan ini, akan memudahkan kita konsentrasi pada hal yang mana, apakah akan lebih mengoptimalkan kecerdasan yang kita miliki ataukan akan lebih konsentrasi dengan hal yang kita minati....

      Delete
  9. Sepertinya kecerdasan intra dan interpersonal deh.
    Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  10. Aku antara Interpesonal dan lingkuistik kayaknya hehe. Blog ini salah satunya hadir karena kemampuan tersebut hehe

    ReplyDelete
  11. Aku kok bingung ya termasuk kecerdasan yg mana? Apakah bisa punya kecerdasan campuran gitu?

    ReplyDelete
  12. Wah yg mn ya tipeku...? Hehe kyknya linguistik, eh jd inget dulu waktu msh kerja di satu perusahaan, prnh jd juara presentasi tgkt nasional. Hadiahnya terbang k Jkt...disitulah naik pesawat pertm kalinya thn 2004 Wkkkkkkwkkk....

    ReplyDelete
  13. dinar : musical , Linguistik dan intrapersonal
    karena, musik membuat saya lebih semangat dan menikmati hidup. dengan musik juga saya bisa mengeksplore diri saya dan saya juga lebih mudah belajar dengan musik untuk berbahasa asing.
    Linguistik, senang berkomunikasi dan menyampaikan pendapat di depan umum, dengan kemampuan Komunikasi yang baik.
    intrapersonal, karena saya lebih memahami yang dibutuhkan diri saya sendiri, bukan karna egois tetapi saya mencoba memahami dan mempelajari kebutuhan diri saya sendiri.

    ReplyDelete
  14. menurut saya, saya masuk dalam kategori kecerdasan Spasial, dan Musical
    karena, saya lebih mudah belajar dari VISUAL, dan musical juga membantu saya dalam menghafal dan belajar bahasa asing lebih mudah dan sebagai penikmat musik. saya senang merasakan dan memahami arti lagu / musik tersebut.

    ReplyDelete
  15. Menurut saya, saya lebih kepada kecerdasan spasial, musical, interpersonal, dan intrapersonal. Karena untuk kecerdasan spasial saya mudah untuk mengingat sesuatu hal seperti mudah mengingat suatu alamat/jalan. Saya adalah salah satu penikmat musik barat maupun genre oleh sebab itu saya memiliki kecerdasan musical.Kecerdasan intrapersonal yang saya miliki, saya dapat memahami diri saya sendiri mulai dari kelebihan maupun kelemahan saya. Dan kecerdasan interpersonal saya terbiasa berkomunikasi dengan orang lain maupun orang banyak.Sekian Dan terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Sepertinya saya lrbih cenderung kecerdasan spasial dr pada kecerdasan Linguistik.

    ReplyDelete
  17. Sepertinya saya lebih cenderung pada kecerdasan linguistik, karena saya suka berbicara di depan banyak orang, terlebih saya sangat suka berbicara atau bercerita pada teman saya. Dan beberapa teman saya juga berkata bahwa saya adalah orang yang komunikatif

    ReplyDelete
  18. sepertinya saya lebih cenderung ke musikal,karena saya suka bermusik

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Personally, I feel that I have the Interpersonal intelligent. I have experience working in an Event Organizer. I felt happy working there. So, I do feel that I have that intellegent. I also feel that I always think that "I can make everything a business, and make money of it". That feeling makes me realize that I have the Interpersonal intelligent. I do also passionate to motivate other people. This is truly my intelligent.

    ReplyDelete
  21. Terima kasih bu Eva atas sharing artikel tentang kecerdasan yang sangat bermanfaat. Dari sini saya mengetahui ternyata kecerdasan ada banyak sekali jenisnya. Dari sekian banyak jenis kecerdasan, yang paling "saya banget" itu yang kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal. Karena saya mampu mengamati orang disekitar saya dan mengetahui suasana hati mereka berdasar dari bahasa tubuh dan situasi yg sedang terjadi.

    ReplyDelete
  22. Saya lebih ke musikal,karna lebih suka musik

    ReplyDelete
  23. Dari saya pribadi, saya berada di kecerdasan intra personal dan musikal, untuk intrapersonal saya sendiri terlalu memahami saya orangnya seperti apa dan gimana tanpa membedakan sikap saya dengan orang lain, saya adalah saya mereka adalah mereka. Untuk musikal saya senang hal hal musik karna sy pribadi senang bernyanyi. Terima kasih bu eva atas artikelnya dengan ini saya bisa tau bagian kecerdasan mana kah yg ada di dalam pribadi sy

    ReplyDelete