Sandiaga Uno, Sosok Pengusaha Muda Milenial yang Inspiratif

Hai, Friends!

Sudahkah kalian kenal pengusaha muda milenial yang sekarang merupakan calon wakil presiden di Indonesia?  Tentunya kalian sudah sering membaca dan mendengar aktivitas tokoh pengusaha sukses yang menginspirasi ini, bukan?.  Kalau saat ini banyak berita tentang Sandiaga Uno, terkait kiprahnya di perpolitikan Indonesia, yuk, kita kupas sisi lain sosok milenial yang masuk dalam daftar 100 orang terkaya di Indonesia versi majalah bisnis Globe Asia.

Wow, masuk dalam jajaran 100 orang terkaya di negara ini!  Namun, jangan salah, Friends, walaupun masuk daftar orang 'tajir' di Indonesia, sosok yang lahir di Rumbai, pada tanggal 28 Juni 1969 ini tetap rendah hati dan ramah dan luwes dalam bergaul.

Ingin tahu, nggak, Friends, bagaimana sejarahnya sampai Sandi Uno menjadi pengusaha muda yang masuk dalam daftar yang orang terkaya-nya Globe Asia?  Ternyata menurut pengakuan Sandi, menjadi pengusaha, karena 'kecelakaan'.  

Lho, koq, 'kecelakaan'? Wah, kalau ini panjang ceritanya, disimak ya, Friends, sambil ngopi sama nyemil...karena ceritanya panjang, nih....

Sandi merupakan putra bungsu dari Razif Halik Uno dan Mien R. Uno. Ayahnya berasal dari Gorontalo.  Pada tahun 1970-an keluarga Razif Uno pindah ke Jakarta, setelah tidak lagi bekerja di perusahaan Caltex, di Riau.

Bersama Razif Halik Uno
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno

Pendidikan

Memulai pendidikannya di SD PSKD Bulungan, SMP 12 Wijaya, Jakarta Selatan dan kemudian Sandiaga melanjutkan pendidikannya ke SMA Pangudi Luhur.  Sandiaga Salahuddin Uno sejak kecil dikenal cerdas, hal ini tidak luput dari dorongan dan bimbingan ibunya.  Kecerdasan pemuda berkacamata ini dibuktikan dengan kemampuannya meraih predikat Summa Cum Laude ketika menyelesaikan kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika.

Bekerja dan Mendapatkan Beasiswa

Setelah menyelesaikan kuliahnya di Wichita State University, sosok cerdas ini bekerja di Bank Summa milik Willian Soeryadjaya.  Selain bekerja, Sandi pun berguru ke pemilik Bank Summa ini. Karena memiliki prestasi kerja yang sangat baik, Sandi mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di George Washington University, Amerika.  Di universitas ini ia lulus dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 4, angka yang sangat sempurna, bukan? Hal ini lagi-lagi membuktikan kecerdasan yang dimilikinya.

Bekerja di luar Indonesia

Pada tahun 1993, Sandi bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi.  Kemudian ia pindah ke MP Holding Limited Group tahun 1994.  

Pada tahun 1995 Sandiaga pun pindah bekerja ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd dengan gaji 8.000 dollar AS per-bulan.  Namun krisis moneter sejak akhir 1997, menyebabkan perusahaannya bangkrut.  Sandi pun pulang ke Indonesia dengan tanpa pekerjaan.  Sandi pun mengisi hari-harinya dengan melamar pekerjaan, namun tidak satupun perusahaan yang meliriknya dari sekitar 25 perusahaan yang dilayangkan lamaran.

Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno

Menjadi Pengusaha, karena 'Kecelakaan'

Menurut Sandi, "Saya ini menjadi seorang pengusaha karena 'kecelakaan'.  Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha".  Pada saat itu. Sandiaga Salahuddin Uno sudah menikah dengan 'mantan pacarnya', Nur Asia, dan memiliki 2 putri dan 1 putra, Anneesha, Amyra dan Sulaiman.

Sandai dan Nur Asia
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno
Sandi dan Amyra
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno

Sandi dan Sulaiman
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno
Akhirnya Sandi mencoba membuka perusahaan penasihat keuangan, PT. Recapital Advisors pada tahun 1997 bekerja-sama dengan teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani.  Salah satu mentor bisnisnya adalah William Soeryadjaya.  Namun perkembangan perusahaan mereka tidak seperti yang diharapkan, 6 bulan kemudian baru ada perusahaan yang menggunakan jasanya.  Terbayangkan, Friends, bersabar dalam bisnis selama 6 bulan?

Setelah berjalan selama satu setengah tahun, Sandi bertemu dengan Edwin Soeryadjaya, putra William Soeryadjaya. pendiri PT. Astra Internasional.  Waktu itu Edwin juga mengalami kesulitan keuangan dan Sandi ditawarkan untuk membangun usaha investasi, yang kemudian dinamakan PT. Saratoga Investama Sedaya.  Bidang usaha yang digeluti, meliputi pertambangan, produk kehutanan dan telekomunikasi.  Sistem perusahaan Saratoga adalah mengumpulkan modal dari beberapa investor.  Kemudian modal yang terkumpul itupun digunakan untuk mengakuisisi perusahaan yang memiliki masalah keuangan, kemudian kinerja perusahaan tersebut diperbaiki.

Sesudah kinerja perusahaan tersebut meningkat, kemudian perusahaan tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi.  Perusahaan yang pernah diakuisisi, diantaranya adalah Bank BTPN.

Terdaftar dalam Majalah Forbes dan Globe Asia

Perjuangan Sandiaga Uno dalam bidang bisnis memasukkan namanya ke dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan US$ 400 juta pada peringkat 29 di Majalah Forbes pada tahun 2013.

Saratoga Capital, perusahaan investasinya, merupakan perusahaan terbesar di Indonesia dengan 20.000 karyawan.  melamar pekerjaan

Sandiaga aktif di Komite Ekonomi Nasional dan Ikatan Cendekiawan Muslim di Indonesia.  Selain itu, ia juga aktif sebagai pembicara utama di berbagai seminar kewirausahaan.

Sandi ketika menyampaikan "Indonesia's Future Economy" di ISEAS, Singapura
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno
Keberanian serta optimisme adalah kunci untuk meraih kesuksesan masa depan, menurutnya.  Lanjut Sandi, 70% kesuksesan terletak pada kerja keras dan menjaga kepercayaan dalam bisnis, sedangkan jaringan relasi menyumbang selebihnya.

Saat bedah buku Sandiaga, One Way Ticket To Success, Kerja Tuntas Kerja Ikhlas
Sumber: FB Sandiaga Salahuddin Uno
Pada tahun 2017 data dari majalah bisnis Globe Asia kekayaan Sandiaga Uno ditaksir mecapai 7,2 trilyun,  Namun menyusut menjadi hingga sekitar 4,3 trilyun rupiah atau sekitar 300 juta dollar pada 2018.  Pada saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandi tidak mengambil gajinya dan disumbangkan langsung ke Baznas,   Wow, semoga langkah Sandi diikuti oleh pejabat lainnya ya, Friends? Paling tidak, perjuangan Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pengusaha yang sukses dapat kita teladani, apalagi kalau menjadi pengusaha yang dermawan, diharapkan bangsa Indonesia semakin makmur dan sejahtera.

Friends, siapa yang mau jadi next pengusaha, hayoo ngacung? 


Evalina








Post a Comment

29 Comments

  1. Saya selalu kagum oleh pengusaha muda yang fight bertahan dalam badai. Mereka yang sekarang raja kesuksesan adalah raja kegagalan yang mau terus belajar . . .termasuk belajar menata hati menerima kegagalan untuk meraih kesuksesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, catatan untuk diri q sendiri juga...

      Delete
  2. Masya Allah... Baca biografinya mantap sekaliii... Btw, aku baru tahu beliau nulis buku juga ya...

    ReplyDelete
  3. Salut Deh .
    Kebanyakan pengusaha sukses memang karena keadaan . Maksudnya , karena keadaan ekonomi membuat mereka berusaha sangat keras sehingga kesuksesan datang .

    ReplyDelete
  4. Inspiratif banget kisah bang uno ini. Keren sama istilah jadi pengusaha karna kecelakaaan. Kecelakaan yang membawa hikmah besar seperti sekarang. Patut ditiru yah motivasi dan sikap gak pantang nyerahnya biar jadi pengusaha sukses. Aku juga mau mbak kalo jadi pengusaha. Tapi usaha apa yah? *nahloh

    ReplyDelete
  5. Kereeeen banget sosok satu ini. Semoga pengusaha di Indonesia akan banyak yang mengikuti langkah beliau.

    ReplyDelete
  6. Limited Edition untuk Indonesia.
    Muda,sukses,agamis,jenius dan Cinta NKRI pastinya. Inspirasinya para milenial.

    ReplyDelete
  7. Jatuh-bangun ya beliau untuk menjadi seperti sekarang. Semangatnya luar biasa, pantas untuk dipelajari kiat-kiatnya tuh. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  8. Ediiaaaaannn ... tahun 1995 udah punya gaji 8000dollar/bulan? Bang Sandi, besanan yuuuk #eh hahaha
    Bismillah, semoga makin banyak pengusaha-pengusaha muda yang sukses. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Sepak terjang Sandiaga Uno ini memang inspiratif. Aku sudah lama mengikuti kiat-kiatnya. Semoga setelah terjun di dunia politik ia tidak kehilangan jiwa entrepreneurship-nya. Karena politik ini beda banget sama bisnis. Ada miripnya sih, cuma kadang lebih tidak masuk akal untuk urusan politik.

    ReplyDelete
  10. Aku prinadi lebih suka sosok beliau sebagai pengusaha instead of politician. Mungkin karena aku gak suka terjun dibidang politik. Padahal aku sendiri sarjana politik wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Aku sama kayak simbok, sosok dia sebagai pengusaha lebih menarik buatku.

    ReplyDelete
  12. Sandiaga Uno dari beberapa tahun lalu sebelum genjrengnya skrg nyalon udah sering dgr nmnya tapi srbagai pengusha. Keren dan sukses juga. Tapo setelah msuk kncah politik saya jadi gk terlalu ngikuti artinya gak tertarik lagi dgn kiprahnya. Kalau saya pribadi lbh intetested dgn profil dia sebagai pengusaha. Tapi itu suatu pilihan ybs. Apapun sah2 saja ya mb?

    ReplyDelete
  13. Sangat jarang ada seorang sosok yg seperti ini..
    Semoga bs menginspirasi anak2 muda yg lainnya..
    Semoga semua urusannya dimudahkan Allaah..aamiin

    ReplyDelete
  14. Menurut saya kisah sandi uno ini sangat inspiratif karna beliau sosok yg paling berpengaruh untuk kaum milenial seperti saya karna kerja keras beliau, semangat beliau yg luar biasa membuat kita termotivasi. Pintar ataupun tidak jika kita mau belajar, bekerja keras, do'a insha Allah sukses ada didepan mata. Orang yg dermawan dan mencintai NKRI adalah panutan untuk kita semua

    ReplyDelete
  15. Sosok beliau dijadikan sebagai inspirator, karena beliau lah sosok pengusaha muda yang sukses patut menjadi contoh bahwa tidak akan perjuangan yang sia" oleh sebab itu sebagai saya sendiri yang ingin terjun di bidang kewirausaha harus bekerja keras dan menjaga kepercayaan kepada relasi yang sudah dekat agar semakin banyak relasi yang percaya dan prospek usaha yang saya jalanin meningkatkan

    ReplyDelete
  16. Sandiaga Salahuddin Uno, salah satu pengusaha muda yang sangat menginspirasi. Dimulai dari membuka perusahaan penasihat keuangan yang diberi nama PT. Recapital Advisor dengan perkembangan perusahaan yang tidak diharapkan karena baru ada yang memakai jasa perusahaannya 6 bulan kemudian. Di lanjutkan dengan membuka usaha investasi dengan nama perusahaan PT. Saratoga Investama Sedaya kemudian dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno, dalam bidang bisnis memasuki daftar 40 orang terkaya di Indonesia dengan peringkat ke 29 di Majalah Forbes pada tahun 2013, Kemudian saat menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga tidak mengambil gajinya melainkan lansung menyumbangkan seluruh gajinya ke Baznas.
    Jadi, menurut saya beliau adalah sosok pengusaha muda yang patut ditiru karena semangat yang tinggi, tidak mudah menyerah dan yang terpenting adalah menjadi pengusaha yang dermawan..

    ReplyDelete
  17. Salah satu orang yang menginspirasi kita agar lebih semangat untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
    Kegagalan dan keadaan yang kurang bukan halangan untuk tidak bisa mencapai kesuksesan.

    ReplyDelete
  18. Baru tau kalau pak sandi itu pengusaha..heheh.. tapi ini bisa jadi motivasi buat saya ..biar gk malas kuliah dalam saat sulit sekalipum

    ReplyDelete
  19. Wah memang betul. Pak sandi bisa menginspirasi kita semua. Terutama pengusaha muda lainnya

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah dapet ilmu baru saya baru tau ternyata Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha

    ReplyDelete
  21. Saluttt bgt sm pak sandi, semua gajinya di sumbangkan ke basnas, salah satu pengusaha yg menjadi inspirasi.Sukses selalu

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah dapat ilmu baru. Pak sandi sangat menginspirasi kita semua.

    ReplyDelete
  23. Gak usah jauh-jauh liat bill gates Indonesia juga punya sosok yang menginspirasi seperti pak Sandiaga bisa dibilang masih muda dan sukses

    ReplyDelete
  24. Ternyata aku baru tau pak sandi itu pengusaha banyak banyak baca cerita tentang usahanya pak sandi mulai dari awal dan sukses untuk memotivasi diri kita

    ReplyDelete
  25. Sangat menginspirasi karna menjadi seorang pengusaha itu tidak mengenal batasan umur

    ReplyDelete
  26. Aryanti Rezalina AsriOctober 15, 2019 at 2:58 PM

    "Keberanian serta optimisme adalah kunci untuk meraih kesuksesan masa depan", kalimat ini yg sangat menginspirasi bagi sya. Salut bgt sama pak sandiaga yg pantang menyerah dalam bisnisnya.

    ReplyDelete
  27. Salut banget sama pak sandi, semoga bisa menginspirasi anak-anak muda lainnya....

    ReplyDelete