3 Masakan Jengkol Khas Minang yang Menggoda Selera


Masakan jengkol yang menggoda selera, tanpa meninggalkan bau?  Siapa takut?  Guys, inilah 3 masakan jengkol khas Minang harumnya pun menggoda, apalagi setelah terasa di lidah, yummy rasanya!

Masakan jengkol dengan pengolahan yang tepat, tidak akan meninggalkan bau, Guys! Apalagi setelah dipadu dengan bumbu-bumbu tradisional khas Minang, wow, serasa memanggil-manggil untuk segera dinikamati, lho, Guys! Yuk, kita bahas ketiga masakan olahan jengkol tersebut!

3 Masakan Jengkol Khas Minang


1. Rendang Jengkol

Masakan olahan jengkol yang pertama adalah rendang jengkol, Guys!  Wow, rendang?  Iya, rendang!  Bukan hanya daging, lho, yang bisa diolah menjadi rendang, tetapi jengkol juga bisa, lho!  Namun, cita rasa rendang jengkol, tidak jauh berbeda, lho, dengan rendang daging, lho, Guys!

Tentu saja, karena pada umumnya menggunakan bumbu-bumbu yang sama, lho, Guys!

Sumber: Eva, de' Dunsanak

Rendang jengkol melalui waktu pengolahan yang cukup lama, lho, Guys!  Pertama-tama jengkol direbus bersama rempah-rempah dan daun-daunan (bumbu dapur).  Step kedua, barulah jengkol diolah menjadi rendang.  Tentu ini berpengaruh pada rasa bumbu yang sangat meresap kepada jengkol tersebut.

Memang, Guys, jarang sekali masakan khas Minang yang waktu pengerjaannya hanya sebentar, karena jarang sekali masakan Minang yang ditumis.  Pada umumnya masakan Minang diolah dengan bumbu-bumbu, serta juga menggunakan santan.  Baik bumbu maupun santan memberi nuansa rasa nan lamak bana (yang enak benar) kepada jengkol.  So, sudahkah kalian mencoba masakan rendang jengkol, Guys?

2. Jengkol Balado

Wow, jengkol balado, tentu sangat digemari oleh penggemar masakan pedas, ya, Guys!  Lihat saja tampilannya, sangat menggoda selera, bukan?

Sumber: Eva, de' Dunsanak

Tidak berbeda dengan pengolahan pada rendang jengkol. pada jengkol balado pun, jengkol direbus terdahulu dengan bumbu-bumbu dan daun-daun yang diperlukan, hal ini agar jengkol terasa empuk, aroma bumbu juga meresap ke dalam jengkol, serta menghilangkan baunya, lho, Guys!

Baru pada step kedua, jengkol ditumis dengan cabai merah, untuk ini, sebaiknya cabai merah ditumis hingga matang, supaya tidak berbau langu, ya, Guys!  Setelah selesai dan jengkol balado harum baunya, maka masakan jengkol balado khas Minang ini pun siap disajikan.

3. Kalio Jengkol

Kalio jengkol, merupakan salah satu masakan jengkol khas Minang yang menggoda selera, lho, Guys!  Betapa tidak dari tampilan warnanya pun, membuat lidah berdecak, tidak sabar untuk menikmati masakan ini.

Sumber: Eva, de' Dunsanak

Sebenarnya bumbu yang digunakan pada rendang jengkol dan kalio jengkol, tidak jauh berbeda, lho, Guys!  Cuma, waktu pengerjaan rendang jengkol lebih lama, karena harus dimasak sampai berwarna cokelat kehitaman.  Sedangkan kalio jengkol dimasak, hanya sampai berwarna kecokelatan saja, lho, Guys!

Sumber: Eva, de' Dunsanak

Tetapi, percayalah, mau dimasak rendang jengkol, jengkol balado, ataupun kalio jengkol, tetap rasanya lamak bana) enak benar, lho, Guys, menggoda selera!

So, jadi khas Minang mana yang kalian suka, Guys? Rendang jengkol, jengkol balado, ataukah kalio jengkol? Tuliskanlah masakan olahan jengkol khas dari daerah kalian, Guys!






Post a Comment

24 Comments

  1. Aq baru tahu masakan jengkol, banyaj yg bilang enak ya... Jadi penasaran mau bikin��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengolahannya benar, jengkol enak kog, mbak

      Delete
    2. Resepnya mbak Eva bikin greget buat nyoba masak jengkol, cuz ah nyoba... Hihihi...

      Delete
  2. Aku belum pernah nyoba massakan jengkol. Entahlah, kok belum berani gitu. Trus itu mbak, aku kepo sama bumbu-bumbu dedaunan yang digunakan untuk merebus jengkol agar baunya hilang. Daun apa saja ya yang dipakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun yang dipakai adalah daun bumbu dapur, mbak

      Delete
  3. Aku takut makan jengkol. Takut bau. Bener gak sih? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya sih aq juga begitu, tetapi kalau cara masaknya benar, nggak bau koq, mbak

      Delete
  4. Ya ampuuun, aku suka ketiga masakan itu asalkan jengkolnya diganti ayam, hehee...

    ReplyDelete
  5. Masakan Padang aku suka. Tapi jengkolnya engga suka. Hehe...Diganti ikan aja deh, atau ayam, atau telur rebus...

    ReplyDelete
  6. Belum pernah makan jengkol saya tuh mbak, tapi lihat bumbunya yang super maknyus itu kok jadi pingin nyicipin jengkol sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja mbak... biar tahu rasanya saja

      Delete
  7. Karena besar di Kediri dan enggak kenal jengkol (adanya pete) jadi saya tahu baru tahu jengkol waktu merantau di Medan.
    Saya enggak makan jengkol memang mbak...mungkin karena telat kenalnya hahah
    Tapi keknya enak semua ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq juga baru tahu ternyata banyak juga penggemar jengkol, pada saat buka rumah makan

      Delete
  8. Akutuh sebenarnya suka jengkol mbak palagi direndang. Tapi suami marah setip sy makan. He... Jadi gak berani makan lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau suami nggak suka, nurut saja sih... he he he

      Delete
  9. Rendang jengki itu enak, tapi aku kapok masaknya. Lama banget eheheh... mendingan beli langsung cuss dimakan.

    ReplyDelete
  10. Jengkol ini makanan masa kecil bagi aku mah haha. Gimana yak soalnya orang sunda tuh kayanya makan jengkol tuh harus, sekarang jarang karena jarang nemu. Aku sukanya semur jengkol, duh jadi laper ini maah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jengkol sekarang jarang ditemui, sudah itu harganya suka melangit...he he he

      Delete
  11. Saya tahu sih jengkol itu bagus buat kesehatan. Kata beberapa orang juga rasanya enak. Karena saya belum pernah nyobain sama sekali. Takut baunya emang :)
    Ternyata ada caranya biar Gak bau ya. Kalau gak bau, mau juga nyoba kapan2 deh

    ReplyDelete
  12. Whoaa...makanan yang mengundang selera nih. Rasanya gak mau berhenti makan kalau pakai renang jengkol yummy

    ReplyDelete
  13. Ini makanan jangan dilihat dari baunya 😁 walaupun baunya sangat mengganggu indra penciuman tapi klo udh dimakan nih jengkol uhhh daging sapi daging apapun kalah deh pokonya sama si JENGKI ini 💛💛

    ReplyDelete